IMPLEMENTASI BANDWIDTH MANAGEMENT PADA SEBUAH LOCAL AREA NETWORK

DARMAL PRAMONO ALI

Informasi Dasar

113990102
004.68
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Penggunaan koneksi jaringan secara bersama-sama dalam Local Area Network (LAN) memerlukan adanya gateway dan router yang dapat diandalkan. Linux sebagai salah satu sistem operasi yang bisa diandalkan untuk beroperasi sebagai gateway dan router, telah memiliki dukungan untuk pencapain Quality of Service (QoS). Salah satu bagian dari implementasi QoS pada Linux adalah Traffic Control (TC), yang dapat digunakan untuk membangun kombinasi yang kompleks atas disiplin pengantrian, pembagian kelas, dan penentuan filter sesuai dengan kondisi jaringan yang ingin ditangani. Salah satu tujuan dari TC adalah pengalokasian bandwidth yang tersedia pada server kepada klien secara merata sesuai dengan proporsi yang diberikan, tanpa menimbulkan kemudbaziran bandwidth. Disiplin pengantrian yang digunakan adalah Hierarchical Token Bucket (HTB).
Penggunaan bandwidth pada jaringan komputer yang besar, tentunya memerlukan adanya suatu manajemen bandwidth yang mampu memberikan jaminan kepada setiap klien dalam Local Area Network (LAN) untuk mendapatkan alokasi bandwidth yang adil sesuai dengan yang didefinisikan. Untuk mewujudkan manajemen bandwidth yang baik, diperlukan pembuatan aturan pembagian bandwith dan pemantauan penggunaan bandwidth secara realtime.
Penelitian yang dilakukan pada pengujian dengan proses peminjaman bandwidth, terlihat bahwa disiplin pengantrian HTB dapat memberikan jaminan penggunaan bandwidth dan pembagian bandwidth idle secara merata ke klien yang sedang terkoneksi ke server, minimal sesuai dengan nilai rate dan nilai ceil yang diberikan. Sedang pada pengujian dengan proses tanpa peminjaman bandwidth, terlihat disiplin pengantrian HTB dapat memberikan jaminan penggunaan bandwidth secara merata pada tiap klien yang sedang terkoneksi ke server, minimal sesuai dengan nilai rate dan nilai ceil yang diberikan.
HTB, Quality of Service, linux traffic control, LAN, pemantauan secara real-time.

Subjek

LOCAL AREA NETWORK
 

Katalog

IMPLEMENTASI BANDWIDTH MANAGEMENT PADA SEBUAH LOCAL AREA NETWORK
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

DARMAL PRAMONO ALI
Perorangan
-; -
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Informatika
Bandung
2006

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini