OPTIMASI PROSES PACKING LIST DENGAN MENGGUNAKAN ALGORITMA GENETIKA (Studi Kasus di PT. Adetex)

Melchias Tri Anggoro

Informasi Dasar

113970075
518.1
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Proses Packing List adalah proses pengepakan barang yang berupa rol - rol kain dengan berbagai macam corak dan ukuran ke dalam berbagai ukuran kotak yang kemudian akan dilanjutkan dengan proses shipping (pengiriman barang) ke pelanggan. Kendala proses Packing List adalah bahwa hasil pengepakan tersebut tidak optimal dan jumlah kotak yang diperlukan tidak bisa diprediksi, sehingga seringkali jumlah kotak melebihi kapasitas angkut kontainer/peti kemas dan menyebabkan proses shipping menjadi tertunda.
Optimasi proses Pengepakan Barang (Packing List) secara teoritis dapat diselesaikan dengan menggunakan Algoritma Genetika (Genetic Algorithm).
Pada tugas akhir ini diimplementasikan Algoritma Genetika untuk mengoptimasi proses Packing List dengan studi kasus di perusahaan tekstil, PT. Adetex. Analisa kasus Packing List dilakukan dengan metode Analisa Terstruktur dan penerapan ke dalam bentuk perangkat lunak menggunakan bahasa pemrograman Borland Delphi 6.0.
Parameter – parameter yang digunakan seperti ukuran (diameter) gulungan kain, ukuran kotak dan peti kemas, jumlah kotak, jenis pesanan, dan ragam / corak kain akan mempengaruhi proses Packing List menjadi semakin kompleks.
Dengan menggunakan algoritma genetika akan dapat dibentuk suatu daftar yang memperhitungkan semua parameter keadaan tersebut dan memberikan hasil berupa gambaran posisi – posisi gulungan kain dalam kotak – kotak dan peti kemas sesuai dengan daftar pesanan dan corak kainnya.
Perangkat lunak yang dihasilkan diharapkan dapat memberikan solusi terhadap proses Packing List secara optimal dibandingkan dengan cara manual (Trial and Error) seperti yang dilakukan saat ini. Algoritma Genetika – Optimasi - Packing List

Subjek

ALGORITHMS
 

Katalog

OPTIMASI PROSES PACKING LIST DENGAN MENGGUNAKAN ALGORITMA GENETIKA (Studi Kasus di PT. Adetex)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Melchias Tri Anggoro
Perorangan
Sri Widowat, Dede Rohidin
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Informatika
Bandung
2003

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini