Asyncronous Island Model Informed Genetic Algorithm untuk Penjadwalan Kuliah Universitas (studi kasus: Telkom Engineering School Level Kelas)

ivan willy artdian

Informasi Dasar

113128368
518.1
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Beberapa kegiatan membutuhkan jadwal agar acara berjalan sesuai rencana dan teratur. Perkuliahan adalah salah satu bagian yang membutuhkan penjadwalan. Penjadwalan perkuliahan membutuhkan suatu aturan-aturan tertentu yang mempengaruhi jalannya penjadwalan.
Universitas Telkom telah menggunakan Informed GA sebagai metode penjadwalannya. Namun metode tersebut memiliki masalah pada lamanya waktu eksekusi. Oleh karena itu diperlukan metode optimasi yang menunjangnya yaitu dengan island model GA yang akan menjalankan proses-proses menjadi banyak blok-blok proses.
Setiap island berdiri pada satu komputer. Beberapa island saling terhubung dan melakukan migrasi. Pada setiap migrasi, island akan mengirim kromosom terbaik yang akan diolah juga oleh island yang lain. Dengan cara tersebut, proses untuk mencapai fitness terbaik menjadi lebih ringan sehingga waktu eksekusi menjadi lebih cepat. Pada kromosom akhir dengan inverted fitness sebesar 520 terdapat 3% pelanggaran soft constraint class spread dan tidak terdapat pelanggaran yang lain. Penjadwalan, Algoritma Genetika, Island Model Genetic Algorithm, Hard Constraint, dan Soft Constraint

Subjek

ALGORITHMS
 

Katalog

Asyncronous Island Model Informed Genetic Algorithm untuk Penjadwalan Kuliah Universitas (studi kasus: Telkom Engineering School Level Kelas)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ivan willy artdian
Perorangan
Jondri Nasri; Alfian Akbar Gozali
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Informatika
Bandung
2014

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini