Klasifikasi Penyakit Daun Teh Camellia Sinensis Menggunakan Metode Transformasi Wavelet dan Jaringan Syaraf Tiruan Probabilistik (PNN)

Ika Ari Wijayanti

Informasi Dasar

113118037
003.3
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Permasalahan cacat pada daun teh merupakan permasalahan penting yang berimbas pada tatanan produksi. Salah satu tindakan preventif yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan mengindentifikasi sejak dini jenis cacat atau penyakit yang menyerang daun teh agar pemberian pestisida dapat dilakukan dengan benar dan tepat sasaran.
Penelitian pada tugas akhir ini bertujuan untuk mendeteksi dan mengklasifikasikan daun teh menjadi empat kategori, yaitu : daun teh Normal, cacat Blister, cacat Mite dan cacat Thrips. Proses pendektesian diawali dengan pemrosesan awal pada citra daun. Kemudian proses ekstraksi ciri dengan Transformasi Wavelet (Wavelet Transform) untuk mengekstrak ciri-ciri tekstur, bentuk dan warna menggunakan low-pass filter dan high-pass filter. Setelah itu dilakukan proses untuk menentukan komponen prinsip atau significant feature dengan menggunakan Principal Component Analysis (PCA) dan Linear Discriminant Analysis (LDA) untuk lebih memisahkan vector ciri antar kelas. Selanjutnya dilakukan proses klasifikasi menggunakan Jaringan Syaraf Tiruan Probabilistik atau Probabilistic Neural Network (PNN).
Dengan implementasi metode-metode tersebut, sistem dapat mengenali kondisi citra daun teh Camellia sinensis ke dalam 4 kelas daun. Klasifikasi dilakukan pada 240 citra sampel daun dengan komposisi 200 citra uji dan 40 citra testing dengan menggunakan wavelet haar (db1) level 3, jumlah fitur PCA sebanyak 33 fitur dan parameter pemulus (smoothing parameter) sebesar 0.41. Pengujian dengan menggunakan parameter tersebut dihasilkan akurasi sebesar 92,5%. Camellia sinensis, Blister, Mite, Normal, Thrips, Wavelet Transform, Probabilistik Neural Network (PNN).

Subjek

COMPUTER SCIENCE
 

Katalog

Klasifikasi Penyakit Daun Teh Camellia Sinensis Menggunakan Metode Transformasi Wavelet dan Jaringan Syaraf Tiruan Probabilistik (PNN)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Ika Ari Wijayanti
Perorangan
Bedy Purnama. S.Si., MT; Ir.Hertog Nugroho, M.Sc., Ph.D
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Informatika
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini