OPINION MINING PADA JEJARING SOSIAL BERBASIS LOKASI MENGGUNAKAN METODE DICTIONARY BASED APPROACH

ARIF SETIAWAN

Informasi Dasar

113118034
004
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Saat ini, jejaring sosial sudah sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia. Tercatat bahwa hingga tahun 2012 Indonesia mempunyai lebih dari 60 juta pengguna internet, dimana sebagian besar telah mempunyai akun jejaring sosial. Salah satu bentuk dari jejaring sosial adalah jejaring sosial yang berbasis lokasi. Jejaring sosial berbasis lokasi sendiri sudah mulai banyak digunakan. Salah satu aplikasi yang cukup populer adalah Foursquare.Tercatat bahwa pada bulan April 2011, pengguna dari Indonesia adalah yang terbanyak di ASEAN.
Jejaring sosial berbasis lokasi seperti ini biasanya digunakan untuk memberitahukan keberadaan seseorang di suatu tempat. Beberapa tipe tempat itu antara lain supermarket, restoran, café, terminal, stasiun, sekolah, kampus atau bahkan rumah biasa. Di setiap tempat tersebut seseorang bisa memberikan komentar atau tips untuk berpendapat atau memberikan review.
Untuk berkunjung ke suatu tempat, dalam Foursquare dapat dilakukan pencarian atau eksplorasi terlebih dahulu terhadap beberapa tempat di sekitar pengguna. Masalahnya, kita belum tentu mengetahui apakah tempat itu merupakan tempat yang recommended atau tidak. Sedangkan aplikasi jejaring sosial belum memberikan fitur rating dari suatu tempat, hanya ada fitur untuk memberikan like/favorite dan jumlah dari like ini belum bisa menggambarkan penilaian seseorang terhadap suatu tempat (venue).
Pada Tugas Akhir ini dikembangkan suatu sistem yang dapat melakukan klasifikasi terhadap opini di suatu tempat, melakukan pemberian rating pada suatu tempat, sehingga bisa dihasilkan review yang lebih valid dari produk atau kondisi dari suatu tempat. Metode yangdigunakan adalah pendekatan berbasis kamus (Dictionary Based Approach) untuk melakukan klasifikasi opini. Pendekatan ini adalah salah satu pendekatan yang bisa digunakanpada masalah sentimen, tetapi sangat dipengaruhi oleh data preprocessing. Hasil yang didapatkan yaitu metode yang digunakan dapat melakukanklasifikasi sentimen dengan nilai presisi terbesar 85.276 dan nilai presisi terkecil sebesar 73.606 yang dipengaruhi oleh hasil penentuan sentimen positif dan negatif dari tiap kata. Foursquare, Opinion Mining, Dictionary Based Approach, Rating, Venue

Subjek

INFORMATICS
 

Katalog

OPINION MINING PADA JEJARING SOSIAL BERBASIS LOKASI MENGGUNAKAN METODE DICTIONARY BASED APPROACH
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ARIF SETIAWAN
Perorangan
Warih Maharani, S.T., M.T.; Rita Rismala, S. T., M.T.
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Informatika
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini