CLOUD MANAGER MENGGUNAKAN OPENSTACK API

DIMAS ZAKKY NALENDRA

Informasi Dasar

113118029
004.678 2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Infrastructure as a Service (IaaS) merupakan salah satu model dari cloud computing. IaaS dapat diartikan sebuah model cloud computing yang menyediakan sebuah infrastruktur untuk klien, seperti mesin virtual. Infrastruktur yang disediakan meliputi media penyimpanan, jaringan, memori, dan firewall. Karena pengguna IaaS semakin meningkat maka dibutuhkan alat untuk mengelola IaaS ini. Alat ini digunakan disisi penyedia layanan maupun di sisi pengguna biasa.

Alat untuk mengelola sistem cloud computing disebut cloud manager, termasuk untuk mengelola IaaS. Cloud manager ini dibangun dalam bentuk aplikasi berbasis web. Cloud manager ini ditujukan untuk IaaS yang menggunkan OpenStack. Oleh karena itu cloud manager ini dikembangkan menggunakan OpenStack API.

OpenStack sendiri sudah memiliki cloud manager yang disebut Horizon. Kelebihan dari cloud manager yang akan dibangun dengan Horizon, yaitu cloud manager ini memiliki fasilitas untuk melakukan resizing dan uploading image dari sistem operasi. cloud computing, openstack, iaas

Subjek

CLOUD COMPUTING
 

Katalog

CLOUD MANAGER MENGGUNAKAN OPENSTACK API
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

DIMAS ZAKKY NALENDRA
Perorangan
TRI BROTOHARSONO, ST., MT.; EKO DARWIYANTO, IR., MT.
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Informatika
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini