Implementasi Metode Promethee pada JobMatching

Maria Ulfah

Informasi Dasar

113118025
003.3
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Suatu pekerjaan tertentu membutuhkan kualifikasi khusus yang harus terpenuhi guna menunjang kualitas perusahaan. Begitupun seorang pelamar atau pegawai baru juga memiliki kriteria tersendiri yang dapat memenuhi kualifikasi yang dibutuhkan oleh suatu pekerjaan tersebut sehingga keselarasan dan kesinambungan dalam pekerjaan terpenuhi dengan baik. Mayoritas perekrutan dan keputusan penempatan pegawai baru dibuat oleh manajer atau HRD yang memiliki hak khusus. Namun seringkali penempatan seperti ini menyebabkan hal-hal tidak terduga terjadi, seperti biaya pelatihan tak terduga, tingkat pergantian posisi yang tinggi, penurunan mutu kinerja dalam kurun waktu singkat dan sebagainya. Diperlukan adanya kesesuaian antara pekerjaan yang ditawarkan dengan kualifikasi yang dimiliki, hal inilah yg dinamakan job matching.
Dalam pemrosesannya di suatu perusahaan tertentu, penting adanya suatu sistem pendukung keputusan yang didukung oleh suatu metode tertentu guna membantu dalam menghasilkan suatu pemecahan solusi yang baik. Metode yang digunakan disini adalah promethee karena metode ini baik digunakan dalam aplikasi pemilihan multikriteria dengan tingkat akurasi yang baik. Dengan kriteria umum yang disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan yaitu berkas lamaran (administrasi), wawancara, psikotes, penilaian kepribadian, dan alternatif yang terdiri dari 100 pelamar yang memiliki kualifikasi tertentu yang diubah datanya berdasarkan inputan angka, dengan pengolahan data berdasarkan tahapan-tahapan pengerjaan dengan metode promethee, maka keluaran dari pemecahan ini adalah suatu keputusan berupa ranking atau urutan prioritas tertentu berdasakan kriteria-kriteria (parameter) yang diuji. Ranking atau urutan pertama adalah hasil terbaik. Hasil didapat yang menempati urutan atau hasil terbaik yaitu A15 dengan hasil promethee II 0.0005519369 dan urutan terakhir A46 dengan nilai promethee II -0.0004573649.
Dalam kasus ini proses job matching dilakukan dengan mengambil 50 ranking terbaik yang kemudian akan dicocokan dengan bidang pekerjaan yang ditawarkan menggunakan metode promethee dengan kriteria yang sesuai dengan bidang pekerjaan tersebut. Hasilnya didapatkan urutan ranking sesuai dengan bidang pekerjaannya masing-masing. Hasil inilah yang menggambarkan parameter atau ranking mana yang terbaik yang perlu dipertimbangkan nantinya oleh pihak perusahaan berdasarkan hasil yang telah diuji.
job matching, promethee, parameter, kriteria, ranking.

Subjek

COMPUTER SCIENCE
 

Katalog

Implementasi Metode Promethee pada JobMatching
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Maria Ulfah
Perorangan
Mahmud Imrona, DRS., MT.; Hetti Hidayati, S.Kom.MT
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Informatika
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini