Analisis Performansi Algoritma Ant Colony Optimization(ACO) untuk Penentuan Jalur Routing Pada Router

Firmansyah Wahyu Hidayat

Informasi Dasar

113118021
518.1
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Dewasa ini perkembangan teknologi semakin pesat, khususnya dalam dunia jaringan komputer. Dengan adanya perkembangan ini maka segala kebutuhan yang berhubungan dengan kualitas jaringan semakin kompleks. Layanan yang dihasilkan oleh sebuah jaringan haruslah memiliki kualitas yang tinggi dengan troughput yang sebesar-besarnya dan paket delay yang seminimal mungkin. Kualitas yang dihasilkan oleh sebuah jaringan ditentukan oleh beberapa faktor salah satunya adalah pemilihan jalur routing oleh sebuah router dalam mengirimkan sebuah paket.
Oleh karena itu muncullah beberapa algoritma yang diterapkan pada router dalam penentuan jalur pengiriman paket. Beberapa algoritma yang diterapkan adalah algoritma linkstate pada tipe routing protocol OSPF dan algoritma distance vector pada routing protocol RIP. Algoritma inilah yang nantinya akan dianalisis dan dibandingkan hasilnya menggunakan algoritma lain yaitu ant colony optimization. Berdasarkan parameter utama dalam penentuan kualitas jaringan maka yang akan dibandingkan adalah troughput, paket delay,routing overhead, packet delivery ratio dan convergence time. Dengan adanya pengujian perbandingan performansi ini diharapkan dapat diketahui algoritma apa yang lebih tepat diterapkan dalam router untuk penentuan jalur pengiriman paket dalam skala jaringan yang besar maupun yang kecil.
Kedua algoritma yang telah disebutkan yaitu link state,distance vector dan ant colony optimization mempunyai karateristik yang berbeda, berdasarkan hasil studi literatur protokol routing OSPF dan RIP lebih cepat dalam penentuan jalur saat jumlah dari node sedikit. Begitu juga sebaliknya ant colony optimization lebih cocok untuk jumlah node yang banyak. OSPF , Ant,Colony, Routing, RIP

Subjek

ALGORITHMS
 

Katalog

Analisis Performansi Algoritma Ant Colony Optimization(ACO) untuk Penentuan Jalur Routing Pada Router
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Firmansyah Wahyu Hidayat
Perorangan
Suyanto ST.,MSc.; Gandeva Bayu Satrya ST.,MT.
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Informatika
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini