Analisis Ketahanan Skema Multiple Watermarking Dengan Metode LSB (Least Significant Bit) Pada Citra Medis Digital

Edo Muhardo Syafri

Informasi Dasar

113118018
003.3
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Citra medis digital merupakan citra yang mempresentasikan bagian dalam pada tubuh manusia, yang dihasilkan melalui teknologi medis untuk digunakan dalam tujuan-tujuan tertentu. Citra medis digital mempunyai salah satu hal penting yang perlu diperhatikan yaitu kepemilikan citra. Agar hal tersebut dapat diterapkan, maka salah satu cara yang dapat dilakukan yaitu dengan menerapkan watermarking.
Watermarking adalah teknik yang digunakan untuk menyisipkan sedikit informasi yang menunjukkan kepemilikan atau data lain pada materi multimedia (citra, audio dan video). Salah satu cara yang dapat diterapkan untuk menerapkan watermarking yaitu dengan menerapkan metode LSB (Least Significant Bit) pada saat melakukan watermarking. Akan tetapi, watermarking dengan menggunakan metode LSB membuat watermarking akan bersifat lemah (fragile) sehingga watermark yang disisipkan akan dengan mudah hilang.
Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk memperkuat watermark pada watermarking dengan metode LSB yaitu dengan menggunakan watermarking bertingkat (multiple watermarking). Pada proses ini dilakukan perulangan proses watermarking dengan menggunakan metode LSB (lebih dari satu kali) sehingga watermark yang disisipkan akan lebih kuat (robust).
citra, multimedia, LSB, watermarking, fragile, robust

Subjek

COMPUTER SCIENCE
 

Katalog

Analisis Ketahanan Skema Multiple Watermarking Dengan Metode LSB (Least Significant Bit) Pada Citra Medis Digital
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Edo Muhardo Syafri
Perorangan
Bedy Purnama, Ssi., MT; Dr. Adiwijaya
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Informatika
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini