PENERAPAN PROGRAMA LINIER METODE SIMPLEX UNTUK OPTIMASI PENGGUNAAN LAHAN PERTANIAN

Fajar Nugroho

Informasi Dasar

113118003
004
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Usaha pertanian merupakan salah satu sektor penting penunjang perekonomian di Indonesia.Hal itu dikarenakan jumlah petani di Indonesia mencapai 40 juta orang. Sebagian besar petani masih menggunakan cara tradisional untuk mengolah lahannya sehingga keuntungan yang dihasilkan belum maksimal.
Optimasi adalah suatu proses untuk mencapai hasil efektif dari sumber yang terbatas. Metode simplexadalah salah satu metode untuk memecahkan kasus optimasi pada pemrograman linier.Simplex digunakan karena bisa menghitung optimasi dengan variabel dan fungsi kendala yang banyak. Sistem yang dibangun untuk optimasi lahan menggunakan data debit air, luas lahan dan jenis tanaman sebagai faktor pembatas.
Penelitian tugas akhir ini memberikan output berupa pola tanam 3 musim tanam yang optimal. Hasil dari pengujian yang dilakukan sistem dapat meningkatkan keuntungan petani sebesar Rp.618.114.000 atau 14,7% dari keuntungan petani tanpa menggunakan sistem optimasi lahan. Melalui sistem ini diharapakan para petani dapat memanfaatkan lagi pengolahan lahannya dengan menjadikan hasil dari sistem ini sebagai bahan evaluasi Rencana Tata Tanam Global (RTTG).
Pertanian, Optimasi, Pemrograman Linier, Simplex

Subjek

INFORMATICS
 

Katalog

PENERAPAN PROGRAMA LINIER METODE SIMPLEX UNTUK OPTIMASI PENGGUNAAN LAHAN PERTANIAN
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Fajar Nugroho
Perorangan
Mahmud Imrona, DRS., MT.; Hetti Hidayati, S.Kom., MT.
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Informatika
Bandung
2014

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini