Log Analysis untuk Router Log Forensic dengan Recurrent Neural Network

I Wayan Pramuda Wardana

Informasi Dasar

113108044
004
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Internet sekarang ini sudah menjadi bagian yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan kita sekarang ini. Karena perkembangan Internet ini juga, maka resiko serangan yang terjadi pada jaringan juga akan semakin besar. Untuk menghindari dan mengurangi jumlah serangan yang terjadi maka harus dilakukan analisis pada trafik yang terjadi pada jaringan komputer. Namun, karena trafik ini berjumlah sangat banyak, maka akan sangat sulit jika dilakukan analisis secara manual. Karena itulah diperlukan suatu metode yang efektif dan sesuai dengan cara kerja para pakar network forensic dalam menganalisis jaringan itu sendiri.

Salah satu metode yang bisa digunakan untuk melakukan pendeteksian serangan ini adalah Artificial Neural Network yang sangat cocok digunakan untuk kasus pengklasifikasian dalam hal ini adalah pengklasifikasian ada serangan atau tidak. Metode yang digunakan adalah Recurrent Neural Network (RNN) yang bisa melakukan analisis serangan yang terjadi dan juga melakukan evidence extraction. RNN ini akan diaplikasikan ke log file, dimana log file sendiri merupakan suatu file yang mencatat akses pengguna pada saluran akses penyelenggara jasa akses.

Hasil akhir dari penelitian ini adalah bahwa dengan metode RNN ini, bisa dilakukan analisis pendeteksian serangan pada jaringan dengan efektif, terbukti dengan akurasi rata-rata terendah adalah 94% dan yang tertinggi adalah 98,67% network forensic, RNN, log file

Subjek

INFORMATICS
 

Katalog

Log Analysis untuk Router Log Forensic dengan Recurrent Neural Network
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

I Wayan Pramuda Wardana
Perorangan
Niken Dwi Cahyani, ST., Mkom.; Andrian Rakhmatsyah, ST., MT
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Informatika
Bandung
2012

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini