Analisis dan Implementasi Adaptive Network-based Fuzzy Inference System (ANFIS) untuk Klasifikasi Genre Musik

Yandi Dwi Permana

Informasi Dasar

113108040
004
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Genre musik bisa digunakan sebagai suatu informasi untuk mencari tipe musik yang disukai oleh penikmat musik. Masing-masing genre musik yang ada memiliki ciri-ciri masing-masing untuk dapat dikenali oleh pendengarnya. Di indonesia sendiri penikmat musik dapat memperoleh musik yang disukainya melalui internet. Di internet sendiri terlalu banyak musik yang ada sehingga mungkin akan membingungkan penikmat musik dalam pencarian sesuai dengan keinginannya. Karena dalam perkembangannya genre musik yang bermunculan semakin banyak maka terciptalah ide untuk bisa mengklasifikasikan genre musik tersebut secara otomatis.

Pada tugas akhir ini akan dilakukan proses klasifikasi genre musik dengan menggunakan metode ANFIS agar lagu yang menjadi inputannya dapat ditentukan genre musiknya. ANFIS sendiri merupakan metode gabungan antara fuzzy dengan jaringan saraf tiruan. Diharapkan dengan menggunakan metode gabungan ini akan dihasilkan akurasi yang tinggi dalam pengklasifikasiannya.

Berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan, sistem dapat mengklasifikasikan lagu berdasarkan genrenya masing-masing dengan akurasi sebesar 80% menggunakan ekstraksi ciri spectral centroid dan kombinasi antara spectral centroid dan specrtal rolloff dengan lima genre musik yang diujikan. genre, musik, klasifikasi, ANFIS

Subjek

INFORMATICS
 

Katalog

Analisis dan Implementasi Adaptive Network-based Fuzzy Inference System (ANFIS) untuk Klasifikasi Genre Musik
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Yandi Dwi Permana
Perorangan
Bambang Pudjoatmodjo S.Si., MT; Mahmud Dwi Sulistiyo ST., MT
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Informatika
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini