Analisis dan Implementasi Klasifikasi Data pada Pengenalan Pembicara Text-Dependent Menggunakan Support Vector Machine (SVM) dan Hidden Markov Model (HMM)

Artha Restu Abadi

Informasi Dasar

113108037
003.3
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Speaker recognition adalah teknologi komputer yang dapat mengenali karakteristik dari manusia melalui suara yang diucapkannya. Speaker recognition termasuk ke dalam permasalahan pengenalan pola yang salah satu bagian terpentingnya adalah proses klasifikasi data. Permasalahan multiclass data dalam klasifikasi menyebabkan waktu proses lama dan beban komputasi yang berat.

Dalam tugas akhir ini, permasalahan tersebut akan diselesaikan dengan cara membagi data kedalam kelompok-kelompok data yang lebih kecil berdasarkan kelas tertentu. Untuk membagi data dipergunakan metode SVM sebagai discriminant dengan mengimplementasikan binary tree structure. Pada akhir proses dipergunakan metode HMM sebagai classifier, yaitu untuk mengklasifikasikan data kedalam kelas tertentu setelah melalui pembagian data sebelumnya. Masukan dari sistem ini adalah data vektor ciri suara yang telah diekstraksi sebelumnya. Pengujian sistem dilakukan dengan menggunakan total 400 data suara pembicara. Keluaran dari sistem adalah data yang menunjukkan suara masukan telah dikenali sebagai suara orang tertentu.

Hasil dari pengujian performansi sistem menunjukkan bahwa rata-rata waktu proses dengan cara membagi data terlebih dahulu lebih cepat dari pada melakukan klasifikasi secara langsung. speaker reocognition, classification, binary tree structure, support vector

Subjek

COMPUTER SCIENCE
 

Katalog

Analisis dan Implementasi Klasifikasi Data pada Pengenalan Pembicara Text-Dependent Menggunakan Support Vector Machine (SVM) dan Hidden Markov Model (HMM)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Artha Restu Abadi
Perorangan
Suyanto, ST, MSc; M. Syahrul Mubarok, ST
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Informatika
Bandung
2012

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini