Klasifikasi Kompetensi Judul TA/PA Menggunakan Naïve Bayes Classifier untuk Penentuan Penguji Sidang Berbasis Aturan Fuzzy (Studi Kasus : Fakultas Informatika IT Telkom)

Yuni Tri Astuti

Informasi Dasar

113108035
004
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Saat ini, di Fakultas Teknik Informatika IT Telkom terdapat banyak data yang dibiarkan begitu saja, misalnya data history sidang. Padahal data tersebut bisa dimanfaatkan informasinya untuk keperluan akademik, misalnya untuk klasifikasi kompetensi judul TA/PA dengan mengacu pada data tersebut. Penentuan kompetensi judul tersebut selanjutnya dapat dimanfaatkan dalam pembuatan jadwal sidang TA/PA.

Pada tugas akhir ini, diimplementasikan teknik data mining menggunakan Naïve Bayes untuk mendapatkan klasifikasi kompetensi judul TA/PA (testing data) dengan memanfaatkan training data berupa history sidang TA/PA yang berisi judul TA/PA disertai kompetensinya masing-masing. Klasifikasi kompetensi judul tersebut selanjutnya dapat digunakan dalam pembuatan jadwal sidang TA/PA, yaitu untuk mencari penguji 1 sidang agar mempunyai kompetensi sama dengan judul TA/PA yang diuji oleh dosen bersangkutan dengan memanfaatkan metode fuzzy untuk mencari nilai kelayakan masing-masing kandidat penguji 1 sidang.

Dari hasil observasi dan pengujian yang dilakukan dengan menggunakan data history sidang, terbukti bahwa Naïve Bayes cocok untuk digunakan dalam kljavascript:submitbutton('tapa_update');asifikasi kompetensi judul TA/PA dengan akurasi berkisar pada 50%-95%. Ketepatan hasil klasifikasi pada Naïve Bayes sangat dipengaruhi oleh pola data training, yaitu proporsi data masing-masing klasifikasi dan pemilihan term kunci. Penggunaan metode fuzzy untuk penjadwalan sidang TA/PA juga mampu menghasilkan hasil yang optimal dengan terpenuhinya hard constraint, walaupun ada pelanggaran pada soft constraint, yaitu beban kerja dosen.

Naïve Bayes, training data, testing data, penjadwalan sidang, hard constraint, soft constraint, fuzzy

Subjek

INFORMATICS
 

Katalog

Klasifikasi Kompetensi Judul TA/PA Menggunakan Naïve Bayes Classifier untuk Penentuan Penguji Sidang Berbasis Aturan Fuzzy (Studi Kasus : Fakultas Informatika IT Telkom)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Yuni Tri Astuti
Perorangan
Shaufiah, ST.,MT.; Imelda Atastina, S.SI.,MT.
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Informatika
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini