Segmentasi dan Penganalan Akor Musik Menggunakan EM-Trained Hidden Markov Model

Riezan Syauqi Fanhas

Informasi Dasar

113108032
781.54
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Sebuah akor terdiri dari beberapa nada yang dimainkan secara bersamaan. Pergantian akor dari waktu ke waktu, membentuk inti dari keselarasan dalam sebuah musik. Dalam setiap akor terdapat karakteristik yang unik sebagai pembeda satu akor dengan yang lainnya. Untuk dapat mengenali akor-akor dari lagu dibutuhkan insting layaknya seorang musisi yang sering menciptakan dan memainkan lagu. Melihat kondisi tersebut, akan lebih baik jika ada perangkat lunak yang dapat mengenali akor-akor pada lagu secara otomatis.

Hidden Markov Model (HMM) adalah sebuah metode yang sukses digunakan pada kasus speech recognition. Hal tersebut yang menjadi dasar pemilihan metode HMM untuk digunakan pada kasus pengenalan akor. Kata-kata yang dikenali pada speech recognition akan dianalogikan dengan akor. HMM merupakan model statistik dari sebuah sistem yang diasumsikan sebuah Markov Process dengan parameter yang tidak diketahui (hidden). Perangkat lunak yang dibangun akan menerapkan metode HMM untuk mengenali akor dari musik/lagu. Representasi fitur ciri yang digunakan adalah representasi Chroma atau Picth Class Profile (PCP). Dengan adanya fitur Chroma/PCP tersebut, sebuah akor dapat direpresentasikan ke dalam vektor ciri yang singkat.

Perangkat lunak yang dibangun akan memberikan output berupa urutan akor dari musik/lagu. Melalui perangkat lunak ini diharapkan dapat membantu pemakai dalam memainkan musik apabila pemain tidak mengetahui atau sulit dalam mengenali akor dari sebuah lagu. Musik, Akor, Vektor Chroma, Hidden Markov Model.

Subjek

MUSIC
 

Katalog

Segmentasi dan Penganalan Akor Musik Menggunakan EM-Trained Hidden Markov Model
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Riezan Syauqi Fanhas
Perorangan
Intan Nurma Yunita ST., MT; M. Syahrul Mubarok
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2012

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini