Prediksi Data Time Series Menggunakan Fuzzy Inference System dan Particle Swarm Optimization (Studi Kasus: Prediksi Harga Emas)

Nurfika Esti Rahmawati

Informasi Dasar

113108028
511.313
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Data time series merupakan data yang terdiri atas satu objek yang dikumpulkan dari waktu ke waktu untuk memberikan gambaran tentang perkembangan suatu kegiatan meliputi beberapa periode waktu. Fluktuatif data tersebut memiliki pola-pola tertentu dari waktu ke waktu. Data time series juga sangat berguna bagi pengambilan keputusan untuk memperkirakan kejadian di masa yang akan datang. Karena diyakini pola perubahan data time series beberapa periode masa lampau akan kembali terulang di masa kini, sehingga dapat memprediksi data dengan mempelajari pola trend yang terjadi. Dalam tugas akhir ini, untuk memprediksi harga emas, data yang digunakan adalah data harga emas, harga valas, dan harga minyak dunia.
Sistem fuzzy memiliki keunggulan dalam memodelkan aspek kualitatif dari pengetahuan manusia dan proses pengambilan keputusan (reasoning) sebagaimana dilakukan oleh manusia dengan menerapkan basis aturan atau basis kaidah. Selain itu system fuzzy juga dapat digunakan untuk menemukan pola kontinu sehingga bisa digunakan dalam kasus prediksi. Dengan melakukan pre-processing dan ditambah metode Particle Swarm Optimization, rata-rata nilai MAPE (Mean Absolute Percentage Error) terhadap data testing yang dilakukan mencapai 2.8%.
data time series, pola, system fuzzy, particle swarm optimization, harga emas, harga valas, harga minyak dunia.

Subjek

Fuzzy logic
 

Katalog

Prediksi Data Time Series Menggunakan Fuzzy Inference System dan Particle Swarm Optimization (Studi Kasus: Prediksi Harga Emas)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Nurfika Esti Rahmawati
Perorangan
Tjokorda Agung BW, S.T, M.T; M. Syahrul Mubarok, S.T
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Informatika
Bandung
2012

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini