ANALISIS DAN SIMULASI STEGANOGRAFI MENGGUNAKAN DISCRETE WAVELET TRANSFORM PADA CITRA BIOMETRIC

Elsa Maureen Sihasale

Informasi Dasar

113108005
003.3
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Salah satu metode untuk mengamankan data rahasia atas data yang berbentuk multimedia adalah dengan menggunakan teknik steganografi. Steganografi adalah suatu metode penyisipan informasi kedalam multimedia baik citra , video , maupun audio. Dimana informasi yang ditumpangkan itu tidak dapat dirasakan keberadaanya oleh indera manusia. Jenis informasi yang disisipkan dapat berupa image, text, audio, maupun video.
Salah satu basis penyisipan informasi pada citra asli adalah dengan menggunakan discrete wavelet transform. Discrete wavelet transform merupakan metode transformasi wavelet yang membagi citra menjadi subband yang memiliki frekuensi tinggi dan rendah. Discrete wavelet transform digunakan karena sangat atraktif, efisien dalam proses komputasinya dan dapat meningkatkan ketahanan terhadap informasi yang disisipkan.
Pada tugas akhir ini disimulasikan steganography pada citra Biometrik menggunakan discrete wavelet transform. Pada simulasi ini disisipkan suatu informasi berupa text. Digunakan 2 skema penyisipan pesan pada image host, dengan diberi beberapa serangan berupa pemberian noise salt and pepper, kompresi dan rotasi. Hasil yang diperoleh dari simulasi ini adalah suatu sistem yang dapat menyisipkan pesan rahasia berbentuk image yang kemudian dapat mengekstrak hasil penyisipan itu kembali. Steganography, discrete wavelet transform, Biometric.

Subjek

COMPUTER SCIENCE
 

Katalog

ANALISIS DAN SIMULASI STEGANOGRAFI MENGGUNAKAN DISCRETE WAVELET TRANSFORM PADA CITRA BIOMETRIC
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Elsa Maureen Sihasale
Perorangan
Tjokorda Agung Budi Wirayuda, ST. MT; Bedy Purnama, ST., Ssi
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Informatika
Bandung
2012

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini