Pengenalan Ekspresi Wajah dengan metode Local Directional Pattern dan Support Vector Machine

Satryo Bakuh Sem Matabei

Informasi Dasar

113104203
003.3
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Ekspresi wajah merupakan bentuk respon yang kelihatan untuk menunjukan tanggapan seseorang dalam berkomunikasi. Dengan ekpresi wajah seseorang akan mengetahui respon lawan bicara secara non-verbal teradap apa yang dia ucapkan. Oleh karena itu kemampuan mengenali ekpresi wajah merupakan salah satu bentuk kompetensi sosial.
Tugas akhir ini merupakan penelitian terhadap kemampuan Local Directional Pattern dan Support Vector Machine dalam melakukan proses pengenalan ekpresi wajah secara real-time. Local Directional Pattern menggunakan pendekatan berbasis rupa sehingga lebih cocok untuk sistem waktu nyata. Hal ini dikarenakan pendekatan berbasis rupa memiliki komputasi yang lebih sederhana dibandingkan pendekatan berbasis fitur geometri.
Hasil penelitian menunjukan bahwa sistem memiliki kemampuan akurasi 88.92% dalam mendeteksi ekpresi wajah manusia dengan parameter nilai respon kernel arah terbaik (k) untuk Local Directional Pattern adalah 3, jumlah region yang terbaik untuk membagi citra wajah adalah 7×7. Hasil penelitian juga menunjukan bahwa kernel pemetaan pada Support Vector Machine yang cocok untuk sistem waktu nyata adalah linear kernel. pengenal ekpresi wajah otomatis, local directional pattern, support vector machine, waktu nyata, kernel arah

Subjek

COMPUTER SCIENCE
 

Katalog

Pengenalan Ekspresi Wajah dengan metode Local Directional Pattern dan Support Vector Machine
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Satryo Bakuh Sem Matabei
Perorangan
Tjokorda Agung Budi Wirayuda, ST., MT; Febryanti Sthevanie, ST., MT
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Informatika
Bandung
2014

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini