Implementasi Knowledge Based Recommendation pada Sistem Perekomendasi Pemilihan Mata Kuliah Pilihan (Studi Kasus: S1 Teknik Informatika Institut Teknologi Telkom)

I Made Satrya Rudana

Informasi Dasar

113101129
004
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Mata kuliah pilihan merupakan satu faktor penentu apakah mahasiswa dapat mengerjakan Tugas Akhir dan menyelesaikan studi dengan baik. Pemilihan mata kuliah pilihan yang terbaik untuk setiap mahasiswa kemudian menjadi hal penting, agar tidak terjadi kesalahan pemilihan mata kuliah atau mahasiswa melakukan drop mata kuliah tersebut di pertengahan semester.

Pada Tugas Akhir ini penulis mengimplentasikan metode knowledge based recommender system dalam membantu mahasiswa memilih mata kuliah pilihan, melalui rekomendasi yang dibangkitkan oleh sistem. Pada metode knowledge based, mahasiswa akan memasukkan user preferrence atau constraint untuk membantu sistem menentukan mata kuliah yang paling tepat untuk direkomendasikan kepada mahasiswa. Sedangkan pada mata kuliah pilihan itu sendiri, digunakan Multi Atribut Utility Theory (MAUT) untuk mendeskripsikan sebuah karakter dari masing-masing mata kuliah.

Yang mungkin akan menjadi pertimbangan adalah apakah data yang digunakan dalam memberikan rekomendasi sudah valid atau tidak, maka penulis mengunakan metode wawancara dan kuesioner dalam teknik pengumpulan data dalam tugas akhir ini. Recommender system bertujuan memberikan prediksi pilihan kepada user secara personal, sehingga user dapat mempertimbangkan hasil rekomendasi dari sistem untuk kemudian menentukan pilihan. Seperti pada tugas akhir ini, penulis berharap sistem yang dibangun penulis yaitu Sistem Rekomendasi Pemilihan Mata Kuliah Pilihan dengan Metode Knowledge Based Recommendation dapat memberikan pertimbangan kepada user dalam menentukan mata kuliah pilihan. Recommender system, knowledge based, constraint, MAUT, mata kuliah pilihan

Subjek

INFORMATICS
 

Katalog

Implementasi Knowledge Based Recommendation pada Sistem Perekomendasi Pemilihan Mata Kuliah Pilihan (Studi Kasus: S1 Teknik Informatika Institut Teknologi Telkom)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

I Made Satrya Rudana
Perorangan
Ema Rachmawati, ST., MT.; Rita Rismala, ST., MT.
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Informatika
Bandung
2014

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini