Query Expansion Menggunakan Algoritma Apriori

Sausa JodyPati

Informasi Dasar

113100015
511.4
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Pengguna forum online sering kali menemui masalah dalam pencarian, karena keterbatasan fungsionalitas mesin pencari di dalamnya . Masalah semakin bertambah karena informasi pada thread seringkali tumpang tindih, dan menjadi sulit untuk mencari thread yang relevan dengan maksud pengguna. Pemberian rekomendasi terhadap hasil pencarian pengguna akan berguna untuk l ebih mengarahkan ke informasi yang relevan .

Query expansion adalah proses merumuskan query awal untuk meningkatkan kinerja pengambilan dalam operasi information retrieval sistem. Dalam konteks mesin pencari web, query expansion melibatkan mengevaluasi masu kan pengguna

(kata

kata apa yang diketik ke daerah permintaan pencarian, dan kadang

kadang jenis data) dan memperluas permintaan pencarian untuk mencocokkan dokumen tambahan . Salah satu manfaat query expansion adalah untuk memberikan rekomendasi hasil pencarian yang lebih relevan bagi pengguna .

Berdasarkan latar belakang yang diuraikan, maka tujuan tugas akhir ini adalah menerapkan query expansion untuk pencarian dalam forum online. Query expansion di implementasikan dengan algoritma apriori untuk me nangkap kete rhubungan antar thread didalam forum o n line . Pengujian dilakukan dengan membandingkan nilai precision dengan dan tanpa query expansion serta penilaian rekomendasi dari pengguna.

Hasil performansi sistem yang dida patkan adalah 0, 53 dengan menggunakan parameter support 2/60, confidence 0,0 dan jumlah aturan asosiasi 90. Dari hasil penelitian ini terlihat f aktor kelengkapan data aktifitas pengguna pada thread dan overlap antar thread sangat berpengaruh terhadap performansi algoritma a priori dalam kasus rekomendasi thread di forum online . forum online, information retrie val, query expansion, algoritma apriori .

Subjek

ALGORITHMS
 

Katalog

Query Expansion Menggunakan Algoritma Apriori
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Sausa JodyPati
Perorangan
Ade Romadhony, S.T., M.T.; Anditya Arifianto, S.T., M.T
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2014

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini