Pengenalan Individu Melalui Citra Wajah Menggunakan Metode Fisherface dan Jaringan Syaraf Tiruan Back Propagation

Adiyasa Nurfalah

Informasi Dasar

113098039
681.2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Manusia memiliki ciri fisiologis sebagai identitas dirinya untuk dikenali oleh orang lain, ciri fisiologis yang paling umum adalah wajah. Dari wajahnya, seorang individu bisa dikenali oleh individu lain walaupun dalam keadaan gelap (kurang cahaya), keadaan terang, atau penuh ekspresi. Hal itu dapat dengan mudah dilakukan oleh manusia karena manusia memiliki kemampuan untuk belajar (learning) sehingga dapat melakukan klasifikasi individu dengan baik.

Dalam Tugas Akhir ini digunakan Jaringan Syaraf Tiruan (JST) untuk membuat sistem yang dapat mengadopsi kemampuan manusia dalam mengenali individu. Arsitektur JST yang digunakan menggunakan multi layer perceptron dengan satu hidden layer. Sedangkan algortima learning yang digunakan adalah back propagation. Sebelum citra wajah masuk kedalam JST, terlebih dahulu dilakukan proses ekstraksi fitur menggunakan metode Fisherface agar didapatkan komponen-komponen prinsip dari citra wajah sekaligus dapat mereduksi dimensi.

Dari hasil sejumlah observasi menggunakan database Extended Yale B, sistem menghasilkan akurasi terbaik 100 % dengan kombinasi parameter: 19 fitur Fisher Liner Discriminant (FLD), 100 hidden neuron, dan 0.1 nilai learning rate. Sedangkan dari hasil sejumlah observasi menggunakan database Yale, sistem menghasilkan akurasi terbaik 93.33 % dengan kombinasi parameter: 14 fitur FLD, 75 hidden neuron, dan 0.1 nilai learning rate. pengenalan wajah, ektraksi fitur, Fisherface, jaringan syaraf tiruan, Back Propagation

Subjek

SENSOR
 

Katalog

Pengenalan Individu Melalui Citra Wajah Menggunakan Metode Fisherface dan Jaringan Syaraf Tiruan Back Propagation
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Adiyasa Nurfalah
Perorangan
Warih Maharani S.T., M.T.; M. Syahrul Mubarok S.T.
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2011

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini