Analisis dan Implementasi Pengenalan Touch Gesture pada Platform Android (Studi Kasus : Perangkat Lunak Manipulasi Gambar)

SEVI HARA ETIKAWATI

Informasi Dasar

113098032
005.12
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Saat ini perkembangan teknologi sudah semakin maju. Penggunaan media yang bersifat natural interaction seperti touch screen sudah semakin banyak. Interaksi yang dilakukan adalah melakukan identifikasi dan deteksi terhadap sentuhan yang diinputkan. Hal yang menjadi sorotan adalah tingkat deteksi untuk melakukan pengenalan sentuhan terhadap media tersebut.
Pada Tugas Akhir ini, akan membahas mengenai pengenalan touch gesture. Pengenalan touch gesture adalah melakukan suatu gesture kemudian diproses menjadi command pada suatu aplikasi. Salah satu metode dalam gesture recognition yaitu dengan Levenshtein Distance. Levenshtein Distance adalah metode yang memperhitungkan jumlah minimum pengeditan yang diperlukan untuk mengubah satu string menjadi string yang lain, dengan operasi edit yang mudah disisipi, dihapus, atau diganti. Levenshtein Distance dipilih karena kesederhanaan, dan kemampuan membandingkan string dengan panjang yang tidak sama serta dapat dimodifikasi agar sesuai dengan string chain code hasil deteksi touch gesture yang berbentuk arah mata angin.
Hasil yang didapat menunjukkan bahwa Levenshtein Distance dapat mendeteksi gesture dengan threshold yang optimum. Namun performansinya belum memuaskan karena kelemahannya adalah terjadi saat gesture yang dilakukan tidak dalam posisi normal, yaitu dilakukan secara miring atau bervariasi terhadap rotasi.
gesture recognition, Levenshtein Distance

Subjek

Software engineering
 

Katalog

Analisis dan Implementasi Pengenalan Touch Gesture pada Platform Android (Studi Kasus : Perangkat Lunak Manipulasi Gambar)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

SEVI HARA ETIKAWATI
Perorangan
DR. Deni Saepudin; Hetti Hidayati, S.Kom., MT
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2011

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini