Analisis dan Implementasi Image Watermarking Menggunakan Modified Discrete Cosine Transform (MDCT) dan Just Noticable Distortion (JND)

Muhamad Rifqi

Informasi Dasar

113098025
511.1
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Citra digital akan sangat berharga jika mempunyai nilai seni atau nilai komersil. Oleh karena itu untuk menghindari pengakuan hak kepemilikan yang tidak sah, maka digunakan digital watermarking.

Ada beberapa metode yang bisa digunakan dalam digital watermarking. Salah satunya yaitu dengan menggunakan Discrete Cosine Transform (DCT), yang melakukan modifikasi pada koefisien-koefisien transformasinya dalam menyisipkan watermark. Salah satu kelemahan dari DCT itu adalah menghasilkan block artifact atau adanya error yang timbul pada batas blok dikarenakan pembentukan blok secara independent atau non-overlap. Untuk mengatasi masalah itu, digunakanlah Modified Discrete Cosine Transform (MDCT) yang melakukan overlapping pada blok ketetanggaannya. Pada Tugas Akhir ini juga digunakan metode tambahan, yaitu Just Noticable Distortion (JND) yang berfungsi untuk menganalisa citra berdasarkan karakteristik texture, edge, corner dan luminance yang digunakan untuk mengatur watermark yang ditanam supaya sebisa mungkin tidak terlihat pada citra ter-watermark. Pengujian dilakukan dengan melakukan simulasi serangan pengolahan citra digital seperti Kompresi JPEG, Gaussian noise, Smoothing dan Sharpening. Analisis yang dilakukan yaitu kualitas citra ter-watermark dan juga ketahanan watermark.

Hasil pengujian yang telah dilakukan menunjukan bahwa kualitas citra terwatermark cukup baik. Kompresi JPEG yang dilakukan pada citra ter-watermark menghasilkan ketahanan watermark yang cukup baik meskipun level kualitas kompresi berkurang sampai 50%, watermark masih terlihat cukup jelas. Untuk serangan Gaussian noise, watermark hanya sanggup bertahan hanya pada dua serangan terendah saja. Sedangkan untuk smoothing, performa ketahanan watermark cukup baik. Dan untuk serangan sharpening performa ketahanan watermark juga cukup, dengan masih terlihatnya pola dari citra watermark. digital watermarking, MDCT,JND

Subjek

ANALYSIS
 

Katalog

Analisis dan Implementasi Image Watermarking Menggunakan Modified Discrete Cosine Transform (MDCT) dan Just Noticable Distortion (JND)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Muhamad Rifqi
Perorangan
Tjokorda Agung Budi W. ST., MT; Ade Romadhony ST., MT
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2012

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini