Analisis dan Implementasi Parameter Learning NEFPROX (NEuro- Fuzzy function apPROXimator) Menggunakan Differential Evolution (Studi kasus : Prediksi Harga Emas)

Yovi Fauzi

Informasi Dasar

113098021
332.41
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Bentuk investasi emas termasuk pilihan yang aman karena emas tahan terhadap inflasi (zero inflation effect ) serta bisa digunakan untuk koleksi dan perhiasan. Namun fluktuasi kenaikan dan penurunan harga emas juga dinilai cukup tinggi, sehingga pada saat tertentu harga emas bisa naik secara drastis dan disaat tertentu juga harga emas bisa turun secara drastis pula. Banyak investor yang ragu menanamkan modalnya jika harga emas selalu berfluktuatif. Untuk memprediksi harga emas yang berfluktuatif tersebut, bisa digunakan konsep data time series. Artinya, untuk memprediksi harga emas pada bulan depan, digunakan data pada bulan-bulan sebelumnya.

NEFPROX, salah satu metode dalam Soft Computing dapat digunakan untuk menemukan pola kontinyu yang paling baik dari pasangan data input dan output pada data time series sehingga bisa digunakan dalam kasus prediksi. Dengan melakukan preprocessing data tertentu dan ditambah dengan metode Differential Evolution, akurasi terhadap testing yang dilakukan mencapai 99,94%.

Kata kunci : harga emas , data time series, preprocessing, NEFPROX , Differential Evolution. harga emas , data time series, preprocessing, NEFPROX ,

Subjek

ANALYSIS
 

Katalog

Analisis dan Implementasi Parameter Learning NEFPROX (NEuro- Fuzzy function apPROXimator) Menggunakan Differential Evolution (Studi kasus : Prediksi Harga Emas)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Yovi Fauzi
Perorangan
Andrian Rakhmatsyah, ST., MT.; M. Syahrul Mubarok, ST.
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2012

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini