Analisis dan Implementasi Koefisien Dice pada Cross Language dan Belief Network pada Information Retrieval

Astri Juisna Saleppang

Informasi Dasar

113098012
001.4
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Informasi selalu menjadi kebutuhan manusia setiap harinya. Jaman sekarang dengan adanya internet, pencarian akan informasi semakin mudah. Namun dunia ini terdiri dari berbagai macam suku dan bahasa, karena itu dokumen-dokumen online yang tersedia juga tidak hanya terdiri dari satu bahasa. Dengan sistem search engine secara MLIR (Monolingual Information Retrieval) yang sekarang masih sering digunakan, maka dokumen-dokumen relevan dalam bahasa yang berbeda dengan query tidak akan diretrieve.
Oleh karena itu, pada Tugas Akhir ini dibuat sistem yang dapat mengembalikan informasi dalam lintas bahasa (Indonesia-Inggris). Sistem ini diharapkan mampu menerjemahkan query (bahasa Indonesia) ke dalam bahasa lain (Inggris), dan sistem ini juga diharapkan dapat melakukan pengindeksan serta pencarian dokumendokumen relevan dalam bahasa yang berbeda dengan query. Pencarian dokumen relevan pada sistem ini menggunakan metode belief network. Belief network adalah sebuah formalism grafis untuk merepresentasikan independence secara explicit antar variabel dari sebuah distribusi probabilitas bersama yang digambarkan melalui sebuah Directed Acylic Graph (DAG). Hubungan antara query, term, dan dokumen digambarkan berupa node, dan kondisi probabilitasnya ditunjukkan dengan edge. Dengan metode ini, diharapkan dokumen-dokumen relevan (berbeda dengan bahasa query) bisa diretrieve. Koleksi dokumen yang digunakan adalah dokumen berbahasa Inggris.
Proses penerjemahan query dengan pemilihan hasil terjemahan menggunakan koefisien dice yang dilakukan tidak berhasil dengan baik karena dari 18 query yang diterjemahkan, hanya 7 query yang berhasil diterjemahkan dengan baik. Demikian juga dengan hasil performansi dari proses pencarian yang kurang baik, hal ini dipengaruhi oleh nilai koefisien dice dan juga nilai tf dan idf. belief network, cross language information retrieval, query translate,koefisien dice

Subjek

ANALYSIS
 

Katalog

Analisis dan Implementasi Koefisien Dice pada Cross Language dan Belief Network pada Information Retrieval
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Astri Juisna Saleppang
Perorangan
Yanuar Firdaus A., ST., MT.; Ema Rachmawati, ST., MT.
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2012

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini