Analisis dan Implementasi Optimasi Performansi Algoritma Huffman Code pada Kompresi data text Menggunakan Algoritma Move-To-Front Code dan Transformasi Burrows-Wheeler

Arief Fardillah

Informasi Dasar

113098006
518.172
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Perkembangan teknologi informasi didukung dengan majunya teknologi penyimpanan file berupa hardware yang semakin canggih saat ini terkadang masih belum mampu mengimbangi ukuran dari data yang semakin besar menyebabkan data dan informasi banyak yang tidak dapat tersimpan dalam satu tempat atau tersebar. Untuk mengatasi masalah tersebut telah lama dikembangkan suatu teknik pemampatan data yang disebut kompresi data.

Kompresi data (data compression) adalah proses untuk memampatkan ukuran data dengan cara memanipulasi isi dari data sehingga didapatkan ukuran dari data tersebut menjadi lebih kecil daripada data aslinya tanpa menghilangkan informasi penting yang terdapat didalamnya.

Pada Tugas Akhir ini diimplementasikan 3 metode algoritma kompresi, yaitu Burrows-Wheeler Transform yang menggunakan konsep transformasi terhadap data masukan dengan cara melakukan pergeseran posisi untuk setiap block. Move-To-Front yang menggunakan konsep pergeseran tumpukan dari kode. Dan terakhir Huffman Code dengan menggunakan konsep pohon dalam merepresentasikan ulang kode byte dari masing-masing kode.

Pengujian dilakukan menggunakan data berupa informasi yang berisikan teks ASCII. Hasil pengujian menunjukkan rasio kompresi dan waktu yang dibutuhkan dalam melakukan kompresi dengan menggunakan skema penggabungan algoritma dengan mencoba merubah ukuran dari panjang block terhadap penggunaan algoritma Burrows-Wheeler Transform. Metode penggabungan Burrows-Wheeler Transform, Move-To-Front dan Huffman Code terbukti memiliki hasil rasio kompresi yang lebih baik daripada hanya menggunakan Huffman Code ketika ukuran block semakin panjang. Selain itu, hasil pengujian menunjukkan waktu proses dengan menggunakan gabungan ketiga algoritma tersebut sangat lama daripada hanya menggunakan algoritma Huffman Code. Kompresi data, rasio kompresi, Burrows-Wheeler Transform, Move-To-Front, Huffman Code.

Subjek

ALGORITHM ANALYSIS
 

Katalog

Analisis dan Implementasi Optimasi Performansi Algoritma Huffman Code pada Kompresi data text Menggunakan Algoritma Move-To-Front Code dan Transformasi Burrows-Wheeler
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Arief Fardillah
Perorangan
Adiwijaya, S.Si., M.Si.; Ade Romadhony, ST., MT.
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2012

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini