Implementasi dan Analisis Optical Character Recognition (OCR) dengan Metode Fast Wavelets Transform (FWT) dan Hierarchical Classification

Abdulloh Al Mubarok

Informasi Dasar

113091058
005.74
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Digitalisasi dokumen fisik ke bentuk digital dapat dilakukan dengan dua cara. Pertama, ke bentuk citra yang digitalisasinya mudah. Namun, sulit dilakukan ekstraksi informasinya. Kedua, ke bentuk teks yang mudah diekstraksi informasinya. Namun, diperlukan proses khusus untuk mengenali teks. Optical Character Recognition (OCR) merupakan bentuk digitalisasi berkas fisik menjadi teks digital. Metode yang populer digunakan dalam OCR adalah Jaringan Syaraf Tiruan (JST) dan Hidden Markov Model (HMM). Namun, JST membutuhkan waktu kerja yang lama dan jarang sekali ditemukan laporan tentang waktu kerja HMM.

Pada tugas akhir ini, digunakan metode Fast Wavelets Transform (FWT). Pengenalan karakter dilakukan dengan membandingkan Decomposition Coefficient Vector (DCV) menggunakan pendekatan Hierarchical Classification berdasarkan koefisien yang diikutkan dalam klasifikasi. Dilakukan pula error reduction dengan perhitungan rasio untuk mengurangi misklasifikasi karakter yang bentuk kapital dan bentuk kecilnya sama.

Hasil pengujian menunjukkan bahwa FWT dengan model satu typeface menghasilkan akurasi yang tinggi di lingkup terkecil pengujian. Sedangkan untuk lingkup yang lebih besar, diperlukan kombinasi typeface untuk hasil yang lebih baik. Namun, pembangunan model dengan kombinasi typeface memakan waktu lebih lama dari pembangunan model satu typeface. Analisis hasil pengujian menunjukkan bahwa konsep hierarchical classification berhasil mereduksi ukuran DCV pada 90,278% karakter dan error reduction meningkatkan akurasi sistem sebanyak 2,712%.

Optical Character Recognition, OCR, Fast Wavelet Transformation, Wavelet, Hierarchical Classification.

Subjek

DATA ANALYSIS
 

Katalog

Implementasi dan Analisis Optical Character Recognition (OCR) dengan Metode Fast Wavelets Transform (FWT) dan Hierarchical Classification
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Abdulloh Al Mubarok
Perorangan
Tjokorda Agung BW, ST., MT; -
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini