Analisis Proses Cluster Formation pada Cluster Based Simple High way Mobility Model (CBSHWM) di Jaringan 802.11p ( Studi Kasus : Jaringan yang Menggunakan Routing Protocol AODV dan CBLR )

Kunta Wicaksana

Informasi Dasar

113091054
004.66
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

iv Abstrak Vehicular Ad Hoc Network (VANET) adalah jaringan yang terdiri dari sekumpulan wireless mobile node yang saling berkomunikasi tanpa infrastruktur yang tetap . Pada vanet dikembangkan suatu teknologi wireless untuk sistem komunikasi Vehicle to Vehicle (V2V) dan Vehicle to Road Side Unit (V2R). Komun ikasi V2V dapat menggunakan kon s ep cluster yang disebut CBSHWM. Pad a VANET kepadatan vehicle dan kecepatan gerak dari vehicle dapat mempengaruhi performansi dari jaringan . Jika terjadi kepadatan vehicle akan menimbulkan delay pada saat pengiriman paket ke vehicle tujuan. Selain itu, jika vehicle melaju dengan kecepatan tinggi maka akan menyebabkan perpindahan vehicle yang dapat menyebabkan kendala pertukaran paket data di jaringan.
Tugas akhir ini bertujuan menganalisis performansi proses dua cluster formation yaitu :

cluster formation weight

bas ed dan cluster formation CBLR pada jaringan VANET. Pemodelan j alan t ol digunakan untuk menguji skenario kepadatan node dan kecepatan node .
Eval uasi kinerja dari cluster formation

weight

based dan CBLR ditinjau dari parameter : cluster overhead , normalized cluster S load , packet delivery ratio , packet loss rate dan cluster convergence time . Hasil simulasi ini kemudi an dianalisis dan dihasilkan bahwa cluster formation CBLR lebih baik untuk kondisi jaringan yang kecepatan tinggi dan kepadatan

node

nya tinggi . Pada skenario pe rubahan kepadatan nod e untuk jumlah node 40 didapatkan bahwa nilai packet delivery r atio cluster formation CBLR 99,86 % seda ngkan packet delivery ratio

cluster formation weight

based 83,1 2 %. Skenario pengaruh perubahan kecepatan node pada kecepatan 100 km/jam d idapatkan bahwa nilai packet delivery ratio cluster formation CBLR 75,06 % sedangkan packet delivery ratio CWeight sebesar 57,9 6 %.
Kata Kunci : VAN ET , Cluster Formation , weight - based , CBLR , CBSHWM , Jalan Tol .

Subjek

WIRELESS
 

Katalog

Analisis Proses Cluster Formation pada Cluster Based Simple High way Mobility Model (CBSHWM) di Jaringan 802.11p ( Studi Kasus : Jaringan yang Menggunakan Routing Protocol AODV dan CBLR )
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Kunta Wicaksana
Perorangan
Vera Suryani, S.T.,M.T.; Endro Ariyanto, S.T., M.T.
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini