Analisis Penerapan Jaringan Sensor Nirkabel Menggunakan Protokol IEEE 802.15.4 (ZIGBEE) Pada Sistem Pemantauan pH (Studi Kasus Fermentasi Susu)

Bagoes Siswo Febrianto

Informasi Dasar

113091023
681.2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Dalam proses fermentasi susu banyak ditemukan parameter-parameter keberhasilan terbentuknya sebuah produk fermentasi susu. Secara umum mutu sebuah produk fermentasi susu ditentukan oleh tekstur atau viskositas, derajat keasaman(pH), dan kandungan senyawa flavor[9]. Seperti yang dikemukakan pada penelitian sebelumnya untuk memperoleh sebuah produk fermentasi susu seperti yogurt dengan kualitas baik haruslah memiliki kadar pH ±4,5[23]. Pada proses pemantauan pH tradisional masih menggunakan kertas pH sebagai acuan, hasil yang didapatkan dari pengukuran menggunakan kertas pH masih mengandalkan tabel kecocokan pH yang menggunakan sistem pembulatan nilai pH sehingga akurasi yang didapatkan kurang akurat.

Seperti yang dikemukakan dampak kadar keasaman pH mempengaruhi rasa dan kualitas produk fermentasi susu, oleh karena itu dibutuhkan suatu sistempemantauan pH sehingga kadar keasaman optimal untuk produk fermentasi susu dapat diperoleh. Menyikapi hal tersebut dilakukan implementasi sistem pemantauan pH jarak jauh dimana dapat dilakukan analisa akurasi dari sistem pengukuran pH dan juga bagaimana respon time dan throughput dari sistem yang dibangun. Diharapkan dengan implementasi sistem ini dapat menjadi alternatif untuk diterapkan dalam implementasi jaringan sensor nirkabel dalam studi kasus pengukuran kadar pH pada produk fermentasi susu.

Hasil yang didapatkan sensor memiliki rata-rata selisih ±0,6 terhadap hasil kertas pH. Hasil RSSI pada sistem rata-rata berkisar antara -42 sampai -82 dBm sehingga sistem dapat diimplementasikan dengan baik pada jarak 1 sampai 15 meter. Dan untuk skenario pengujian performansi dari respon time dan throughput mengalami perubahan signifikan terhadap variabel jarak dan penghalang tembok. pH, Zigbee, performansi, akurasi.

Subjek

SENSOR
 

Katalog

Analisis Penerapan Jaringan Sensor Nirkabel Menggunakan Protokol IEEE 802.15.4 (ZIGBEE) Pada Sistem Pemantauan pH (Studi Kasus Fermentasi Susu)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Bagoes Siswo Febrianto
Perorangan
Vera Suryani, ST., MT; Endro Ariyanto, Ir., MT
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2014

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini