Opinion Summarization Review Produk dalam Bahasa Indonesia dengan algoritma Pointwise Mutual Information-Information Retrieval (PMI-IR)

RINA PUSPASISTHA

Informasi Dasar

113091013
518.172
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Semakin berkembangnya teknologi internet saat ini berdampak pada semakin maraknya sistem penjualan barang melalui online shop ( e-commerce ). e-commerce tersebut terdapat fasilitas untuk memberikan review atau opini tentang suatu produk. Review tersebut mempunyai beberapa manfaat, dipandang dari segi customer, customer dapat membaca opini-opini dari customer baik yang sudah menggunakan produk tersebut maupun yang belum menggunakannya. Dari review tersebut, akan dipertimbangkan apakah produk tersebut mempunyai fitur yang sesuai dengan kita atau tidak. Dari segi manufactur, pihak manufaktur dapat mengetahui feedback dari customer yang dapat digunakan untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan produk tersebut dan dapat menentukan tindakan apa yang dilakukan dengan feedback dari customer. Jumlah review atau opini yang ada pada e-commerce sangat banyak, hingga puluhan bahkan ratusan. Hal itu dapat mempersulit customer untuk mendapatkan informasi yang bermanfaat karena harus membaca terlalu banyak opini dan review.

Untuk menghadapi masalah tersebut, terdapat solusi untuk dilakukan opinion summarization dimana dari review customer dilakukan peringkasan kemudian pengelompokan ke opini positif atau opini negatif. dalam tugas akhir ini, ada 3 proses yang dilakukan , yaitu 1) ekstraksi fitur dan opini dalam review , 2) penentuan frequent feature , 3) pembentukan ringkasan pasangan fitur opini dan identifikasi orientasi opini

Berdasarkan hasil pengujian yang didapat menunjukkan bahwa algoritma PMI – IR dapat digunakan untuk proses peringkasan review produk dengan menghitung keterkaitan dari kemunculan kata fitur dan opini yang selanjutnya dilakukan penentuan orientasi opini dengan menggunakan chatterbox. Opinion Summarization , POSTagging, Frequent feature , PMI-IR , Chatterbox

Subjek

ALGORITHM ANALYSIS
 

Katalog

Opinion Summarization Review Produk dalam Bahasa Indonesia dengan algoritma Pointwise Mutual Information-Information Retrieval (PMI-IR)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RINA PUSPASISTHA
Perorangan
Warih Maharani, S.T, M.T.; Angelina Prima K , S.T , M.T
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini