Optimasi Genetic Algorithm dengan Simulated Annealing untuk Multiple Depot Capacitated Vehicle Routing Problem

Aditya Permana

Informasi Dasar

113090291
518.172
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Multiple Depot Vehicle Routing Problem (MDCVRP) adalah salah satu jenis permasalahan dari Vehicle Routing Problem (VRP) yang merupakan permasalahan dalam optimasi pengaturan rute suatu kendaraan dari beberapa depot mengunjungi semua pelanggan. Dimana tujuan objektifnya adalah untuk mencari biaya termurah untuk melayani semua pelanggan tanpa melewati berat angkut maksimum dari tiap kendaraan. Secara matematis MDCBRP ini merupakan permasalahan kombinatorial.
Sebagai permasalahan yang termasuk ke dalam kelas NP-hard (non-deterministic polynomial-time hard), MDCVRP ini akan diselesaikan dengan menggunakan algoritma Genetic Algorithm yang dioptimasi dengan algoritma Simulated Annealing, yang merupakan salah satu algoritma heuristik yang mampu memecahkan permasalahan NP-hard secara cepat dengan melakukan beberapa pendekatan solusi secara matematis, sehingga solusi yang didapat mampu mendekati solusi optimum global.
Pada dasarnya optimasi Genetic Algorithm dengan Simulated Annealing (GASA) ini merupakan hybrid dari 2 jenis algoritma yaitu Genetic Algorithm (GA) dan Simulated Annealing (SA). Penentuan nilai dari parameter-parameter GA dan SA adalah faktor-faktor yang akan diobservasi karena sangat menentukan solusi optimal yang didapatkan.
Dari hasil percobaan yang telah dilakukan menunjukan bahwa Simulated Annealing mampu meningkatkan nilai fitness dari Genetic Algorithm sekitar 1 % untuk semua dataset. Multiple Depot Vehicle Routing Problem, Vehicle Routing Problem, non-deterministic polynomial-time hard, Optimasi Genetic Algorithm dengan Simulated Annealing, Genetic Algorithm , Simulated Annealing.

Subjek

ALGORITHM ANALYSIS
 

Katalog

Optimasi Genetic Algorithm dengan Simulated Annealing untuk Multiple Depot Capacitated Vehicle Routing Problem
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Aditya Permana
Perorangan
Mahmud Dwi Sulistyo , S.T, M.T.; Gia Septiana W, Ssi.,MSc
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2014

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini