Implementasi Algoritma FP-Growth dan Data Warehouse Skema Bintang untuk Sistem Informasi Evaluasi Diri (Studi Kasus Fakultas Informatika Institut Teknologi Telkom)

Wiliam Palondongan

Informasi Dasar

113090284
003.54
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Evaluasi diri merupakan suatu instrumen yang digunakan oleh suatu perguruan tinggi atau program studi untuk melakukan evaluasi secara internal untuk meningkatkan nilai akreditasi. Sistem pada tugas akhir ini dibangun dengan menggunakan data warehouse yang merupakan sistem database yang menyimpan data historis dan untuk keperluan pengambilan keputusan. Skema data warehouse yang digunakan adalah skema bintang dengan struktur satu tabel fakta dikelilingi oleh beberapa tabel dimensi. Untuk proses pencarian pengetahuan, digunakan data mining association rule dengan algoritma FP-Growth yang menggunakan struktur data FP-Tree, yaitu metode yang mencari aturan asosiasi dari kumpulan data, di mana akan dilihat keterhubungan antara atribut yang satu dengan atribut yang lain serta seberapa kuat keterhubungannya. Analisis asosiasi dapat membantu pihak pimpinan/eksekutif dalam mengambil keputusan, pada kasus di tugas akhir ini dilakukan analisis untuk memperbaiki ataupun mempertahankan akreditasi program studi. Hasil dari pengujian yang dilakukan adalah data warehouse yang dibangun pada tugas akhir ini sudah memenuhi 4 kriteria data warehouse menurut Bill Inmon, proses ETL (Extract, Transformation, and Load) sudah berjalan benar, serta didapatkan bahwa semakin tinggi nilai minimum support dan minimum confidence, maka semakin besar pula tingkat kekuatan aturan asosiasi yang dihasilkan. Dari hasil pengujian juga didapatkan nilai minimum support dan minimum confidence yang tepat untuk masing-masing kasus. data warehouse, skema bintang, fp-growth, fp-tree

Subjek

SISTEM INFORMASI
 

Katalog

Implementasi Algoritma FP-Growth dan Data Warehouse Skema Bintang untuk Sistem Informasi Evaluasi Diri (Studi Kasus Fakultas Informatika Institut Teknologi Telkom)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Wiliam Palondongan
Perorangan
Shaufiah, ST., MT.; Hetti Hidayati, SKom., MT.
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2014

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini