Analisis Perbandingan Performansi IPSec - VPN , TLS - VPN, Secure - SIP dan Z - RTP Pada Pengamanan Layanan VoIP Berbasis Session Initial Protocol (SIP)

M Rizal Nuhaghani

Informasi Dasar

113090205
621.319 2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

SIP merupakan protokol negosiasi multimedia yang dikirimkan dengan mode plain text sehingga memiliki isu da lam hal keamanan baik itu dari segi credential yang terdiri atas user extension dan password pada SIP message maupun konten media yang terdapat pada RTP payload. Komunikasi VoIP SIP yang tidak aman ini

dapat diamankan dengan implementasi VPN, ZRTP dan SIP

Secure.

Tugas akhir ini akan membahas QoS VoIP setelah dilakukan implementasi protokol pengamanan. Hal yang perlu diperhatikan dalam VoIP adalah kebutuhan bandwidth minimal agar dapat menghasilkan komunikasi yang memuaskan.

Dengan implementasi protokol pengamanan baik itu VPN, ZRTP dan SIP

Secure maka akan menambah ukuran paket data yang ditrans misi kan. Penggunaan bandwidth yang tidak sesuai dengan kebutuhan minimal akan mengakibatkan QoS yang buruk diakibatkan kapasitas bandwidth tidak mengakomodir overhead paket data. Parameter QoS yang digunakan pada VoIP diantaranya delay, jitter dan packet l oss .

Dari hasil pengujian terlihat bahwa dengan asumsi penggunaan codec G.711, implementasi V PN baik itu IPSec/ TLS, ZRTP dan SIPS memberikan performa yang baik pada bandwidth 128/128. Dilihat dari faktor keamanan, VPN memberikan perlindungan menyeluruh bai k itu credential dan konten media. Sedangkan ZRTP hanya melindungi konten media dan SIPS hanya melindungi credential yang ada pada SIP message. SIP, VPN, TLS, IPSec, ZRTP , bandwidth , QoS , TCP, UDP

Subjek

ANALYSIS AND DESIGN SYSTEMS
 

Katalog

Analisis Perbandingan Performansi IPSec - VPN , TLS - VPN, Secure - SIP dan Z - RTP Pada Pengamanan Layanan VoIP Berbasis Session Initial Protocol (SIP)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

M Rizal Nuhaghani
Perorangan
Tri Brotoharsono, Ir., M.T.; Gandeva Bayu Satrya , ST., MT
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2014

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini