ANALISIS INVESTASI SISTEM DAN TEKNOLOGI INFORMASI DENGAN MENGGUNAKAN METODE NEW INFORMATION ECONOMICS (NIE) (STUDI KASUS : RUMAH SAKIT HASAN SADIKIN BANDUNG)

Dine Putri Ramadhani

Informasi Dasar

113090163
005
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Dalam menghadapi perkembangan ekonomi di era global ini, perusahaan dituntut untuk dapat meningkatkan efisiensi dan efektifitasnya dalam menghadapi persaingan bisnis yang semakin tajam.Penerapan Teknologi Informasi (TI) dianggap sebagai salah satu faktor yang dapat memeberikan kontribusi signifikan untuk tercapainya efisiensi dan efektifitas tersebut. Selain itu perubahan paradigma ekonomi yang semula berbasis pada sumber daya (Resource base economy) menjadi ekonomi yang berbasis pengetahuan (Knowledge Base Economy) membuat kemampuan IPTEK menjadi faktor primer kekuatan daya saing suatu perusahaan menggantikan modal, lahan dan energi. Sehingga suatu perusahaan harus mampu mengambil keputusan investasi TI secara tepat, agar besarnya investasi yang dikeluarkan perusahaan dapat selaras dengan tingkat kepentingan dan manfaat yang diperoleh dari penerapan TI tersebut.
Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) merupakan suatu organisasi yang bergerak dalam bidang pelayanan kesehatan, dimana Rumah Sakit (RS) ini dijadikan RS rujukan dari seluruh Indonesia. RSHS sudah menerapkan TI dalam pelaksanaan kegiatan operasional bisnisnya, namun belum pernah dilakukan evaluasi terhadap TI yang telah diterapkan. Sehingga sampai saat ini pihak manajemen belum dapat mengetahui sejauh mana manfaat dan dampak yang diperoleh RS dari penerapan TI tersebut, terutama keselarasannya dengan tujuan RS.
Oleh karena itu, penulis mengusulkan kepada pihak manajemen untuk melakukan evaluasi terhadap TI yang dimiliki RS dengan menggunakan metode New Information Economics (NIE). Evaluasi ini dilakukan dengan menggunakan 4 dari 5 praktek NIE yaitu Strategic Demand/ Supply Planning, Innovation, Alignment dan Performance Measurments. Dari hasil evaluasi ini RS dapat mengetahui Sistem Informasi (SI) dan Teknologi Informasi (TI) mana yang sudah dan belum selaras dengan tujuan RS. Sehingga dapat membantu pihak manajemen dalam membuat keputusan SI dan TI mana yang sebaiknya dikembangkan, diperbaiki, atau diabaikan. Sehingga SI dan TI tersebut dapat memberikan keunggulan kompetitif terhadap RS.

new information economics, NIE, sistem informasi, teknologi

Subjek

INFORMATION TECHNOLOGY
 

Katalog

ANALISIS INVESTASI SISTEM DAN TEKNOLOGI INFORMASI DENGAN MENGGUNAKAN METODE NEW INFORMATION ECONOMICS (NIE) (STUDI KASUS : RUMAH SAKIT HASAN SADIKIN BANDUNG)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Dine Putri Ramadhani
Perorangan
Angelina Prima Kurniati, ST, MT; Imelda Atastina, Ssi, MT
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini