Analisis Tata Kelola Teknologi Informasi Dengan Menggunakan Framework COBIT 4.1 (Studi Kasus : Rumah Sakit Hasan Sadikin Bandung)

Dina Putri Ramadhani

Informasi Dasar

113090162
005.372
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Pada era yang serba digital ini, teknologi informasi telah menjadi kewajiban bagi hampir seluruh jenis organisasi, tidak terkecuali manajemen organisasi kesehatan karena informasi telah menjadi sumber daya utama bagi organisasi. Dengan pengelolaan informasi yang tepat dan cepat, organisasi kesehatan dapat meningkatkan kinerja pelayanan kesehatan, maupun dapat menjadi keunggulan kompetitif.

Atas dasar itu, dilakukan penelitian untuk menilai tata kelola teknologi informasi (IT Governance) pada salah satu organisasi kesehatan di kota Bandung, yaitu Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS). Dalam penelitian ini, penilaian tersebut menggunakan standar COBIT 4.1 untuk menyelaraskan penerapan TI dengan tujuan strategis Rumah Sakit. Maturity level merupakan salah satu tools yang ada di COBIT yang digunakan untuk pengukuran penerapan TI, dengan tingkat kematangan dari 0 (non- existent ) hingga 5 (optimised). Hasil akhir dari penelitian ini adalah rekomendasi perbaikan bagi manajemen RSHS untuk peningkatan tata kelola TI dalam mencapai tujuan RSHS.

Penelitian diawali dengan identifikasi masalah, tujuan dan batasan dari masalah yang diangkat. Kemudian studi pustaka dilakukan untuk mendapatkan pengetahuan mengenai implementasi tata kelola TI. Sedangkan studi lapangan dilakukan untuk mengidentifikasi visi, misi, tujuan, sasaran, dan teknologi informasi di RSHS. Setelah itu, dilakukan analisis Business Goals, yang selanjutnya dipetakan kedalam IT Goals dan IT Process yang ada di COBIT. Selanjutnya dilakukan pemilihan proses TI untuk mengetahui proses TI kritikal dan analisis Management Awareness untuk mengetahui tingkat kesadaran manajemen. Hasil akhirnya adalah level kematangan (Maturity Level) RSHS saat ini (aktual) dan kondisi yang diharapkan dikemudian hari (target ekspektasi). Hasil analisis ini selanjutnya menjadi acuan untuk merumuskan rekomendasi perbaikan (OFI) kepada pihak manajemen berdasarkan analisis kesenjangan (Gap Analysis).

Dari hasil penelitian ini, diperoleh kesimpulan bahwa dari 28 proses TI yang ada di RSHS tingkat kematangan aktualnya berada pada level 2- RepeaTabel But Intuitive. Sedangkan ekspektasinya level 4- Managed and Measurable. Untuk mencapai target ekspektasi tersebut, maka dirumuskanlah OFI (Opportunity For Improvement) yang berisi tindakan strategis yang dapat dilakukan oleh manajemen RSHS.
Cobit, IT Governance, Audit, Sistem Informasi

Subjek

INFORMATION SYSTEMS
 

Katalog

Analisis Tata Kelola Teknologi Informasi Dengan Menggunakan Framework COBIT 4.1 (Studi Kasus : Rumah Sakit Hasan Sadikin Bandung)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Dina Putri Ramadhani
Perorangan
Angelina Prima K, ST., MT.; Warih Maharani, ST., MT.
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini