Analisis dan Implementasi Data Mining untuk Perekomendasian Obat Pada Penderita Penyakit Diabetes Melitus dengan Algoritma Dynamic Itemset Counting (DIC)

Anna Andari Rahmi

Informasi Dasar

113090151
006.312
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Sistem informasi saat ini dibutuhkan oleh berbagai kalangan, tidak terkecuali rumah sakit. Salah satu bentuk sistem informasi tersebut yaitu Electronic Health Management System (EHMS) yang dibutuhkan oleh rumah sakit untuk mengelola informasi kesehatan pasien dari berbagai sumber data. Di dalam EHMS ini terdapat sistem Electronic Health Data Mining (EHDM) yang memanfaatkan ilmu data mining untuk mengolah data dalam EHMS. Untuk mendukung sistem tersebut, diusulkan sistem perekomendasian obat. Pada tugas akhir ini, penelitian difokuskkan pada data rekam medis untuk pasien penderita penyakit diabetes melitus (DM). Penyakit ini di pilih karena penderitanya di Indonesia terus bertambah. Bahkan penduduk terbanyak ke lima di dunia yang mengidap DM ada di Indonesia.
Untuk mengaplikasikan sistem perekomendasian obat pada penderita DM digunakan Algoritma Dynamic Itemset Counting (DIC). Algoritma ini merupakan pengembangan dari Algoritma Apriori. Algoritma DIC ini tidak memerlukan waktu untuk menunggu pembacaan database yang lengkap untuk menghitung kandidat itemset. Hal tersebut yang membedakan Algoritma DIC dengan Algoritma Apriori. Sumber data yang digunakan untuk penelitian ini berupa informasi rekam medis dan daftar obat untuk pasien penyakit DM. Sehingga hasilnya dapat memperlihatkan keterkaitan itemset data yang dapat menghasilkan rekomendasi obat.
association rule, data mining, diabetes melitus, dynamic itemset counting (dic)

Subjek

DATA MINING
 

Katalog

Analisis dan Implementasi Data Mining untuk Perekomendasian Obat Pada Penderita Penyakit Diabetes Melitus dengan Algoritma Dynamic Itemset Counting (DIC)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Anna Andari Rahmi
Perorangan
Angelina Prima Kurniati, ST., MT.; Imelda Atastina, S.Si. MT.
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini