Pemodelan Menggunakan Topic Map Terhadap Hasil Rekomendasi Pencarian Informasi (Studi Kasus: i-Caring Universitas Telkom)

Dista Agnesia Putri

Informasi Dasar

113090115
005
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Perkembangan sistem secara nyata dapat terjadi pada penambahan jumlah sumber informasi. Sumber informasi ini harus dapat disusun secara teratur dalam basisdata sistem untuk mendapatkan struktur informasi yang terstruktur dan terarah. Untuk mendapatkan pencarian informasi yang terstruktur dan terarah diterapkan prinsip semantik, sehingga dipilih struktur representasi pengetahuan dengan menggunakan pendekatan semantik yang bernama Topic Map. Kemudian untuk memberikan hasil pencarian yang sesuai dengan minat user, dibutuhkan model minat user sebagai dasar untuk mendapatkan hasil pencarian yang sesuai dengan minat user. Model minat user merupakan pemodelan yang digunakan sistem untuk mengenal karakteristik user dengan melihat kebiasaan user ketika mengakses informasi pada halaman web atau ketika user berinteraksi langsung dengan sistem. Dari hasil pengujian sistem disimpulkan bahwa hasil rekomendasi pencarian yang sesuai minat user bergantung pada data log user, karena data log user berfungsi sebagai data evaluasi terhadap perhitungan kemiripan antar topik hasil rekomendasi pencarian yang dihasilkan sistem. Tetapi akurasi perankingan hasil rekomendasi pencarian sebesar 61,73%, masih kurang sesuai dengan matakuliah yang diminati user karena hasil ranking didasarkan bobot similaritas, sedangkan bobot similaritas belum mampu menunjukkan prioritas minat user terhadap matakuliah. Kemudian query topik sudah mampu mentrigger sistem untuk memberikan hasil rekomendasi pencarian yang sesuai minat user dibuktikan dengan nilai MOS sebesar 4,2. informasi, topic map, minat user, pencarian, terstruktur

Subjek

INFORMATION TECHNOLOGY
 

Katalog

Pemodelan Menggunakan Topic Map Terhadap Hasil Rekomendasi Pencarian Informasi (Studi Kasus: i-Caring Universitas Telkom)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Dista Agnesia Putri
Perorangan
Yanuar Firdaus, ST., MT; Hetti Hidayati, S.Kom., MT
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2014

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini