ANALISA PENYELESAIAN PERMAINAN TRADISIONAL ”MACANAN” DENGAN METODA REASONING – FIRST ORDER LOGIC

Agung Budi Kusmianto

Informasi Dasar

113078001
300.72
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisa penyelesaian permainan tradisional “macanan” dengan menggunakan metoda reasoning – first order logic. Jenis permainan ini adalah board-game yang terdiri dari 21 buah bidak Hunter dan sebuah bidak Tiger. Kunci permainan adalah bidak hunter akan bergerak untuk mempersempit ruang gerak bidak Tiger sehingga ‘skak mat’. Sementara bidak Tiger akan melakukan pertahanan terhadap serangan bidak Hunter, dengan menghindar ke node yang aman atau dengan cara memakan bidak Hunter yang tepat didepannya dimana bidak hunter berderet secara berurutan dengan jumlah ganjil.

Metoda reasoning – first order logic dipilih untuk menyelesaikan permainan ini, sebagai basis pengetahuan dari masingmasing bidak untuk menentukan sebuah keputusan dalam melakukan langkahlangkah tertentu. Metoda ini membutuhkan pemetaan kombinasi langkah secara lengkap, dan resiko yang mungkin muncul adalah terhentinya permainan karena penulisan langkah yang kurang. Sementara untuk proses pencarian solusi akan menggunakan proses metoda searching Forward Chaining.

Pengukuran yang akan dilakukan adalah tingkat kemampuan pengambilan langkah yang benar dan aman. ‘Benar’ maksudnya langkah tidak mengakibatkan blunder dan ‘Aman’ maksudnya adalah langkah yang diambil akan menghasilkan resiko yang seminim mungkin. Sebagai parameter pengukurannya adalah jumlah node aktif (blank) yang terhubung secara langsung dengan posisi node tempat Triger berada, dan jumlah bidak hunter yang mati. First-order Logic, Board-game,Forward Chaining, Node, Bidak Tiger,Bidak Hunter.

Subjek

Resarch methods
 

Katalog

ANALISA PENYELESAIAN PERMAINAN TRADISIONAL ”MACANAN” DENGAN METODA REASONING – FIRST ORDER LOGIC
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Agung Budi Kusmianto
Perorangan
Suyanto ST,MT; -
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2010

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini