ANALISIS PERBANDINGAN ANTARA PLATFORM BREW DENGAN J2ME SERTA SINKRONISASI BERITA RSS UNTUK INTEROPERABILITAS SISTEM MELALUI PROTOKOL HTTP PADA PERANGKAT NIRKABEL

R. Septian Fakhrudin Arianto

Informasi Dasar

113068016
003
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Platform BREW dan J2ME secara teknik mampu dikembangkan dengan metode berbasis objek. Oleh karena itu, kedua platform tersebut akan dibangun berdasarkan pendekatan berorientasi objek, sehingga analisis yang didapat antar keduanya berupa efisiensi waktu saat konstruksi sistem.
Tugas akhir ini akan membuktikan apakah penggunaan BREW merupakan salah satu solusi terbaik dari J2ME dengan melakukan analisis kecepatan waktu akses mulai aplikasi akan dijalankan, analisis penggunaan memori saat aplikasi dijalankan, serta waktu akses upload (pengiriman) dan download (penerimaan) file RSS dari website penyedia layanan RSS berbasis PHP berdasarkan besar paket data, kekuatan sinyal, dan waktu akses tertentu pada simulasi emulator yang telah disediakan oleh SDK. Selain itu, masing-masing platform akan membuktikan interoperabilitasnya dengan cara sinkronisasi file RSS, dimana platform yang satu melakukan proses upload dan platform lainnya melakukan proses download.
Sistem yang dibangun untuk platform BREW adalah dengan menggunakan BREW SDK v3.15, BREW SDK Tools 1.0.1, GNUDE-ARM untuk kompilasi bahasa C ke bahasa mesin, Microsoft Visual Studio 6 Service Pack 6 sebagai visual IDE, dan libxml2 sebagai parsing XML library pada bahasa Java/J++/J#. Sedangkan sistem yang dibangun untuk platform J2ME adalah dengan menggunakan Java SDK 1.6, NetBeans 5.51 sebagai visual IDE, kxml2 sebagai parsing XML library pada bahasa C/C++/C#. Agar data dapat disinkronisasikan, sistem berbasis web yang dibangun adalah dengan menggunakan PHP 6, MySQL 6 sebagai tool penyimpan data secara permanen, dan IIS 5.1 sebagai web servernya. Untuk keseluruhan sistem, permodelan sistem yang dibangun menggunakan Rational Rose 2000 Enterprise Edition.
Berdasarkan perhitungan memori, saat sistem mulai dijalankan sampai standby pada platform BREW lebih efisien dibandingkan dengan platform J2ME walaupun waktu aksesnya pada kasus RSS ini lebih lambat. Sedangkan upload dan download, platform BREW lebih baik dalam penggunaan memori dan tentu saja lebih cepat pengeksekusiannya daripada platform J2ME.
BREW, J2ME, XML, RSS, emulator, interoperabilitas, sinkronisasi

Subjek

System - analis
System - analis,

Katalog

ANALISIS PERBANDINGAN ANTARA PLATFORM BREW DENGAN J2ME SERTA SINKRONISASI BERITA RSS UNTUK INTEROPERABILITAS SISTEM MELALUI PROTOKOL HTTP PADA PERANGKAT NIRKABEL
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

R. Septian Fakhrudin Arianto
Perorangan
Yusep Rosmansyah, S.T., M.Sc., Ph.D; Yanuar Firdaus AW., S.T., M.T
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2008

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini