USULAN PERANCANGAN PERBAIKAN DENGAN METODE SIX SIGMA UNTUK PENINGKATAN KUALITAS PRODUK CLINKER DI PT Holcim Indonesia Tbk

DANUJO EKO PUTRO

Informasi Dasar

112990175
011.75
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

PT. Holcim Indonesia Tbk merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang manufaktur, yang memproduksi semen dan clinker. Permasalahan yang dihadapi perusahaan selama ini adalah timbulnya produk cacat atau gagal dalam proses produksi clinker. Selama bulan Juni sampai Nopember 2004 terdapat 7,05% produksi clinker yang cacat, dimana hal ini menimbulkan kerugian yang besar bagi perusahaan. Oleh karena itu, PT.Holcim Indonesia Tbk perlu melakukan upaya untuk mengendalikan dan meningkatkan kualitas produk clinker dengan menemukan dan mengendalikan faktor-faktor yang berpengaruh terhadap kualitasnya.
Six Sigma merupakan suatu metode pengendalian kualitas yang sistematis, ilmiah dan setiap keputusan didasarkan kepada fakta dan data. Prinsip utama Six Sigma adalah mencapai kesempurnaan (3,4 DPMO) dengan mengendalikan proses-proses yang terjadi. Tahap-tahapan dari implementasi Six Sigma adalah Define Measure Analyze Improve Control (DMAIC). Pada tahap define dilakukan identifikasi terhadap faktor-faktor yang berpengaruh terhadap kualitas produk clinker dan perlu dilakukan proses perbaikan. Kemudian pada tahap measure dilakukan pengukuran performansi kualitas pada tingkat output. Setelah kondisi eksisting terukur, maka dilanjutkan dengan tahapan selanjutnya yaitu Analyze dimana pada tahap ini akan dilakukan identifikasi sumber-sumber dan akar penyebab timbulnya masalah kualitas pada clinker serta analisis stabilitas dan kapabilitas proses. Dan pada tahap improve akan diberikan usulan perbaikan proses untuk meminimasi timbulnya cacat pada produk clinker.
Berdasarkan pengukuran yang dilakukan diperoleh hasil bahwa nilai DPMO untuk proses secara keseluruhan selama periode Juli sampai Desember 2005 adalah sebesar 98.516 dan kapabilitas sigmanya 2.8. Nilai sigma dan DPMO yang dihasilkan menunjukkan tingkat performansi perusahaan dalam pengendalian kualitas prosesnya. Hasil ini masih jauh dari tujuan metode six sigma yang diharapkan mampu menghasilkan 3,4 DPMO (zero defect). Sehingga dengan hasil tersebut diperlukan adanya perbaikan yang berkelanjutan dan pengendalian kualitas produk clinker secara kontinu.

Subjek

Skripsi
Skripsi,

Katalog

USULAN PERANCANGAN PERBAIKAN DENGAN METODE SIX SIGMA UNTUK PENINGKATAN KUALITAS PRODUK CLINKER DI PT Holcim Indonesia Tbk
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

DANUJO EKO PUTRO
Perorangan
-; -
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2006

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini