PERBAIKAN PROSES BISNIS DI PT. ITOCHU AUTO MULTIFINANCE (IAF) CABANG BANDUNG

YUSIA ARIAN TANAMA

Informasi Dasar

112990055
650.1
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Multi Finance merupakan salah satu solusi pemasaran produk automotif yang ditawarkan oleh PT. ITOCHU AUTO MULTIFINANCE (PT.IAF). PT.IAF cabang Bandung berdiri pada tanggal 15 Maret 2004 dengan total karyawan 30 orang. Jumlah total debitor hampir 2000 orang dengan perbandingan jumlah karyawan maka proses bisnis mulai mengalami ketidak seimbangan antar devisi khususnya pada Proses Kredit dan Proses Collection yang berhubungan langsung dengan konsumen, dapat dilihat dari debitur yang bermasalah ±15% sedangkan target perusahaan untuk debitor bermasalah dibawah 7%. Seiring dengan tujuan perusahaan untuk memaksimalkan proses bisnis dilakukan penelitian di PT.IAF cabang Bandung, tujuan penelitian yaitu mengetahui Proses Kredit dan Proses Collection yang ada di PT. IAF dan memberikan usulan perbaikan proses bisnis secara efektif dan efisien pada proses bisnis kritis di PT.IAF cabang Bandung.

Metodologi penelitian menggunakan metode observasi dengan fokus analisa untuk proses perbaikan (Improvement) pada internal perusahaan yaitu proses kredit (terdiri dari proses survey, analisa kredit, dan proses komite kredit) dan proses management collection. PT.IAF mengfokuskan bisnisnya yaitu merupakan layanan jasa yang memberikan bentuk pendanaan untuk pembelian mobil baru dan bekas semua merk secara kredit dengan mengenakan bunga atas setiap dana yang diberikan/dipinjamkan. PT.IAF dalam Proses bisnis bekerjasama dengan Peerusahaan Outomotif (Dealer/showroom mobil), Perbankan, Asuransi dan Kepolisian.

Hasil observasi pada PT.IAF dengan menggunakan metode streamlining didapatkan usulan perbaiakan pada proses kredit yaitu Simplification pada aktivitas collect order dari Dealer pada Kantor PT.IAF langsung pada CMO (Credit Marceting Officer), Dupilcation Elimination pada analisa kredit yang dilakukan berulang- ulang oleh CMO dan pemeriksaan PK yang dilakukan oleh CMH (Credit Marketing Head) yang telah dilakukan oleh CA (Credit Analist), Process Cycle-time Reduce pada proses kredit saat analisa Kredit oleh CMO dan Standarlisation untuk posisi CMH yang membawahi team marketing. Usulan perbaikan pada proses collection yaitu Supplier Patnerships pada activitas penagihan angsuran debitor bermasalah sedapat mungkin bekerjasama dengan CMO yang mengetahui informasi keadaan Debitor secara langsung yang didapat dari hasil survey. Business Process Improvement

Subjek

Succes in business
Efisiensi Bisnis

Katalog

PERBAIKAN PROSES BISNIS DI PT. ITOCHU AUTO MULTIFINANCE (IAF) CABANG BANDUNG
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

YUSIA ARIAN TANAMA
Perorangan
SRI WIDANINGRUM, IR., MT.; -
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2006

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini