Analisis Kebutuhan Wisatawan Terhadap Website Pariwisata Menggunakan Integrasi Electronic Service Quality dan Model Kano

Safira R. Syafri

Informasi Dasar

112100076
658.501
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Website pariwisata merupakan salah satu penggunaan teknologi yang berfungsi untuk meningkatkan hubungan pariwisata, membantu perusahaan yang bergerak di bidang pariwisata untuk meningkatkan proses bisnis, serta meningkatkan proses knowledge-sharing. Menurut Murtadho, dkk., 2012, pembuat website pariwisata berasumsi terhadap keinginan wisatawan yang harus diakomodir oleh website yang akan dibuat, tanpa adanya studi terhadap layanan yang sebenarnya diinginkan dan dibutuhkan oleh wisatawan. Untuk itu, perlu dilakukan analisis yang membahas keinginan dan kebutuhan wisatawan terhadap website pariwisata. Adanya keluhan wisatawan dan perbedaan informasi yang diberikan setiap website pariwisata, menyatakan bahwa website pariwisata perlu meningkatkan kualitas. Penyebab utama dari masalah ini karena tidak adanya standarisasi yang diterapkan untuk setiap website pariwisata. Oleh karena itu, penelitian ini mengharapkan dapat menemukan atribut kebutuhan wisatawan yang akan digunakan sebagai titik acuan dalam membantu pembuatan standarisasi website pariwisata.
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi true customer needs layanan website pariwisata sehingga dapat diketahui kebutuhan pelanggan yang perlu diprioritaskan untuk meningkatkan kualitas layanan. Penelitian ini menggunakan integrasi E-Servqual dan Model Kano untuk memperoleh true customer needs. Tingkat kepuasan wisatawan terhadap layanan yang diberikan dapat diukur menggunakan E-Servqual, sedangkan melalui model Kano akan diketahui hubungan antara kepuasan wisatawan dengan upaya pemenuhannya yang diterjemahkan dalam kategori Kano. Pengintegrasian ini dapat merumuskan atribut kebutuhan layanan yang perlu ditingkatkan dan dipertahankan website pariwisata.
Berdasarkan hasil pengukuran kinerja dan pengategorian didapatkan 29 atribut kebutuhan menggunakan integrasi E-Servqual dan Model Kano. Dari 29 atribut tersebut, didapatkan 24 atribut kebutuhan yang perlu ditingkatkan dan 5 atribut kebutuhan yang perlu dipertahankan. Website Pariwisata, Wisatawan, True customer needs, E-Servqual, Model Kano.

Subjek

Industri engineering
 

Katalog

Analisis Kebutuhan Wisatawan Terhadap Website Pariwisata Menggunakan Integrasi Electronic Service Quality dan Model Kano
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Safira R. Syafri
Perorangan
Andika Bayu H. Sari Wulandari
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
Bandung
2014

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini