ANALISIS KELAYAKAN INVESTASI PEMBUKAAN PABRIK SARUNG TENUN PERTENUNAN JAYA MUKTI di KOTA BEKASI

MUHAMAD PUTRA RAMDHANI

Informasi Dasar

112090170
670
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Pertenunan Jaya Mukti merupakan industri kecil menengah yang memproduksi dan menjual sarung tenun , letaknya berada di Kecamatan Majalaya . Pertenunan Jaya Mukti telah berdiri lebih dari 30 tahun. Dari tahun ke tahun Pertenunan Jaya Mukti selalu mengalami kemajuan. Hingga saat ini, Pertenunan Jaya Mukti telah memiliki pasarnya sendiri . Pasar yang termasu k kedalam pasar teta p Pertenunan Jaya Mukti adalah Pasar Tanah Abang , Pekalongan dan Surabaya . Dikarenakan permintaan yang besar yang tidak sebanding dengan kemampuan produksi, Pertenunan Jaya Mukti ingin membuka pabrik baru di daerah Bekasi . Sebelum membu ka pabrik di daerah Bekasi, dilakukan studi kelayakan apakah membuka pabrik di Bekasi akan layak dilihat dari aspek pasar, aspek teknis dan aspek finansialnya .

Permintaan pasar Pertenunan Jaya Mukti diestimasi berdasarkan pesanan yang masuk di tahun 2011 hingga 2013. Lokasi pabrik dipilih dari 3 alternatif dengan memperhatikan parameter yang menjadi pertimbangan dalam penentuan lokasi. Peralatan produksi dan jumlah tenaga kerja dihitung berdasarkan kapasitas yang direncanakan.

Untuk aspek finansial akan di hitung pengeluaran investasi dan estimasi pendapatannya setelah mengolah aspek pasar dan aspek teknis. Analisis aspek finansial dilakukan untuk periode waktu 5 tahun. Hasil perhitungan menunjukan NPV = Rp 9.032.381.609,39 , IRR = 44,83 % dan PBP = 1,719 tah un. Dengan demikian pembukaan pabrik baru Pertenunan Jaya Mukti dinyatakan layak karena nilai IRR yang diperoleh lebih besar dari nilai MARR dan NPV bernilai positif

Analisis Kelayakan, NPV, IRR, PBP, Industri Sarung Tenun Pertenunan Jaya Mukti

Subjek

MANUFACTURE INDUSTRY
Skripsi, KARYA ILMIAH, Thesis & disertation,

Katalog

ANALISIS KELAYAKAN INVESTASI PEMBUKAAN PABRIK SARUNG TENUN PERTENUNAN JAYA MUKTI di KOTA BEKASI
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MUHAMAD PUTRA RAMDHANI
Perorangan
Farda Hasun Ir., MSc; Maria Dellarosawati ST., MBA
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2014

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini