OPTIMASI KEGIATAN PERAWATAN DAN PENGADAAN SPARE PART MESIN STEAM TURBINE DENGAN MENGGUNAKAN METODE RELIABILITY CENTERED MAINTENANCE (RCM) DI STAR ENERGY GEOTHERMAL [WAYANG WINDU] Ltd.

Rd. Aulia Surya Permatasari

Informasi Dasar

112090164
658.202
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Ketergantungan manusia akan energi sangat tinggi seiring dengan peningkatan jumlah penduduk, kualitas dan taraf hidup masyarakat, serta teknologi. Hingga saat ini konsumsi energi pertahun dunia adalah 500 x 1015BTU/tahun. Energi listrik tersebut sebagian besar diperoleh dari batubara yang mana tergolong sumber energi yang nonrenewable. Selain itu batubara juga menghasilkan emisi CO2 terbesar diantara sumber energi lainnya. Untuk itu perlu ada pengembangan energi alternatif yang mana sumber energi tersebut tergolong renewable serta ramah lingkungan. Geothermal adalah salah satu solusi dari masalah tersebut. Pembangkit listrik ini sangat cocok dikembangkan di Indonesia karena Indonesia memiliki panas bumi sebesar 40% potensi dunia sementara yang baru dimanfaatkan hanya sebesar 9% (Sumber: Kementrian Energi dan Sumber daya Mineral tahun 2011). Star Energy Geothermal [Wayang Windu] Ltd. merupakan salah satu power plant yang memanfaatkan geothermal sebagai sumber energi yang berjumlah 2 unit dengan installed capacity 227 megawatt (MW).

Sejak berdiri tahun 2000, Kegiatan preventive maintenance Star Energy Geothermal berasal dari vendor yaitu melakukan Turn Around setiap 3 tahun, hal ini tentu tidak efektif mencegah kerusakan dan efisien dari segi biaya. Dari hasil penelitian, steam turbine yang berada pada level 7 equipment hierarchy memiliki 25 item yang kritis berdasarkan risk matrix SEGWWL. Component kritis tersebut yang selanjutnya akan diolah menggunakan Reliability Centered Maintenance guna mendapatkan kebijakan perawatan efektif yang sesuai dengan karakteristik kerusakan dan efisien dari segi biaya, serta dilakukan penentuan jumlah spare part optimal guna mengurangi konsekuensi kegagalan yang terjadi.

Berdasarkan hasil pengolahan data yang dilakukan pada component kritis steam turbine, diperoleh 30 scheduled on condition task dan 13 failure finding task. Sementara interval waktu perawatan didapatkan berbeda tiap komponennya, disesuaikan dengan task yang diperoleh. Biaya perawatan total selama 3 tahun dari task usulan adalah sebesar $ 522,196.88, yaitu 46% lebih murah dari biaya total maintenance existing. Jumlah spare part optimal adalah sebanyak 1 lot untuk journal bearing generator side, journal bearing MOP side, turbine generator coupling, MOP coupling, casing, rupture disc, rotor, dan gland packing. Geothermal, Equipment Hierarchy, Risk Matrix, Reliability Centered Maintenance, Spare Part

Subjek

MAINTENANCE
 

Katalog

OPTIMASI KEGIATAN PERAWATAN DAN PENGADAAN SPARE PART MESIN STEAM TURBINE DENGAN MENGGUNAKAN METODE RELIABILITY CENTERED MAINTENANCE (RCM) DI STAR ENERGY GEOTHERMAL [WAYANG WINDU] Ltd.
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Rd. Aulia Surya Permatasari
Perorangan
Sutrisno, Amelia Kurniawati
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini