OPTIMASI PERAWATAN MESIN FINISHING DENGAN METODE STREAMLINED RELIABILITY CENTERED MAINTENANCE (SRCM) DAN RISK BASED MAINTENANCE (RBM)

ARI KURNIAWAN

Informasi Dasar

112090136
658.202
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Perusahaan PT. Sipatex merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dibidang industri tekstil. Salah satu mesin yang ada pada PT.Sipatex ini adalah mesin Finishing. Mesin ini memiliki peran yang cukup penting dalam proses produksi di PT.Sipatex, maka dari itu penentuan kegiatan perawatan yang tepat merupakan suatu hal yang penting untuk mendukung produktivitas perusahaan. Oleh karena itu, perlu suatu kebijakan perawatan mesin yang efektif bagi mesin Finishing dan optimasi penentuan interval waktu perawatan mesin dengan mempertimbangkan karakteristik kerusakan, parameter distribusi dan biaya perawatan

Dalam penelitian ini dilakukan berdasarkan beberapa metode seperti SRCM (Streamlined Reliability Centered Maintenance)yang digunakan dalam penentuan task yang sesuai dengan karakteristik failure-nya. Dan penelitian ini berfokuskan pada sistem dan subsistem kritis mesin Finishing berdasarkan banyaknya kerusakn yang terjadi serta dengan menggunakan analisis RPN (Risk Priority Number) untuk mendapatkan sub sistem yang kritis berdasarkan resiko yang dimiliki failure tersebut, dihasilkan sistem kritis, yaitu mechanical system dengan lima subsistem kritis, yaitu Feeding device, Drying&heating, Entrance Device, Cooling Device dan Plaiting. Subsistem kritis tersebut selanjutnya menjadi objek penelitian yang kemudian ditentukan kebijakan dan interval waktu perawatan yang tepat dengan menggunakan Streamlined Reliability-Centered Maintenance (SRCM) dan Risk Based Maintenance (RBM). Dengan memadukan dua metode ini diharapkan dapat menghasilkan kegiatan perawatan yang mampu meningkatkan reliability subsistem kritis dengan biaya yang minimum.

Hasil pengolahan data menggunakan SRCM, didapatkan Total biaya untuk mengimplementasikan perawatan usulan adalah Rp 563.180.742. Dengan Dengan mengimplementasikan kegiatan perawatan usulan, perusahaan dapat melakukan penghematan sebesar Rp 179.453.406.78. dengan rincian task perawatannya adalah 3 Task kebijakan untuk komponen mesin Finishing yang meliputi scheduled restoration task, scheduled discard task, dan scheduled on-condition task. Terdapat 3 komponen yang termasuk ke dalam kebijakan scheduled discard task, 2 komponen dengan scheduled restoration task, 9 komponen dengan scheduled on-condition task. Interval waktu perawatan untuk masing-masing komponen ditentukan berdasarkan kebijakan perawatannya dengan mempertimbangkan karakteristik kerusakan, parameter distribusi dan biaya perawatan. SRCM (Streamlined Reliability Centered Maintenance), RBM (Risk Based Maintenance), RPN (Risk Priority Number).

Subjek

MAINTENANCE MANAGEMENT
 

Katalog

OPTIMASI PERAWATAN MESIN FINISHING DENGAN METODE STREAMLINED RELIABILITY CENTERED MAINTENANCE (SRCM) DAN RISK BASED MAINTENANCE (RBM)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ARI KURNIAWAN
Perorangan
Sutrisno, Ir., MSAE.; Rd. Rohmat Saedudin, ST., MT.
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini