ANALSIS DAN USULAN PERBAIKAN KUALITAS LAYANAN CALL CENTER POSTPAID TELKOMSEL DENGAN METODE FUZZY SERVQUAL, FUZZY KANO MODEL DAN QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT DI PT. INFOMEDIA NUSANTARA BANDUNG

NI PUTU GABRIELA

Informasi Dasar

112090131
338.47
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Persaingan dalam dunia telekomunikasi semakin berkembang kian pesat. PT. Telkomsel merupakan salah satu perusahaan penyedia jasa terbesar di Indonesia yang memiliki pelanggan lebih dari sertaus juta pelanggan. Call center Telkomsel yang ditangani oleh PT. Infomedia Nusantara merupakan salah satu layanan yang diberikan oleh Telkomsel untuk menampung keluhan pelanggan tersebut. Dengan demikian, pelayanan call center Telkomsel harus mengutamakan kepuasan pelanggan. Namun, pelanggan Telkomsel merasa pelayanan call center Telkomsel belum cukup memuaskan. Oleh karena itu, perlu dilakukan sebuah evaluasi terhadap kinerja pelayanan call center Telkomsel dan dilakukan perumusan rekomendasi dari hasil evaluasi tersebut.
Penelitian ini menerapkan konsep fuzzy pada metode servqual untuk dapat mengetahui nilai kepuasan pelanggan yang lebih jelas (tidak ambigu) serta menerapkan pula konsep fuzzy pada model Kano, untuk memahami kebutuhan pelanggan secara lebih jelas dan upaya pemenuhan kebutuhan tersebut. Kemudian metode QFD digunakan untuk merancang rekomendasi perbaikan pada pelayanan call center Telkomsel.
Rekomendasi dirumuskan berdasarkan hasil pengolahan data, analisis, brainstorming dengan pihak perusahaan serta melakukan studi literatur dan benchmark dengan perusahaan yang relevan. Rekomendasi yang diberikan diantaranya menambah frekuensi monitoring kualitas pelayanan serta menambah poin penilaian kualitas pelayanan, melakukan kombinasi peserta calibration session, menetapkan jumlah pengadaan training, memberikan tambahan jenis training menambah kriteria pemberian award kepada agent dan bentuk award yang diberikan, menyarankan bentuk soal yang tidak membingungkan dan menetapkan jumlah pengadaan tes PnP, menentukan bentuk konfirmasi status keluhan, menetapkan jumlah update keluhan on process, dan menetapkan peningkatan jumlah call back.
Telkomsel, call center, fuzzy, servqual, Kano, QFD

Subjek

SERVICE MANAGEMENT
 

Katalog

ANALSIS DAN USULAN PERBAIKAN KUALITAS LAYANAN CALL CENTER POSTPAID TELKOMSEL DENGAN METODE FUZZY SERVQUAL, FUZZY KANO MODEL DAN QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT DI PT. INFOMEDIA NUSANTARA BANDUNG
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

NI PUTU GABRIELA
Perorangan
Amelia Kurniawati, ST., MT; Muhammad Iqbal, St., MM
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini