Identifikasi Proses Bisnis dan Persyaratan Lainnya Bidang Akademik STISI Telkom Berdasarkan Requirement Klausul 7 ISO 9001:2008 (IWA-2:2007) dan Standar 5 BAN-PT Menggunakan Metode Business Process Imoprovement

Rini Handriyani

Informasi Dasar

112090129
658.401 3
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Sekolah Tinggi Ilmu Seni Rupa dan Desain Indonesia Telkom (STISI Telkom) merupakan salah satu institusi penyelenggara pendidikan tinggi di Indonesia dibawah Yayasan Pendidikan Telkom. Sebagai perguruan tinggi yang memberikan layanan pendidikan, STISI Telkom harus melaksanakan penjaminan mutu dalam setiap kegiatannya khususnya dalam bidang akademik yang merupakan proses utama dalam kegiatan perkuliahan. Namun, hingga saat ini STISI Telkom belum menentukan standar terhadap proses bisnis yang ada di bagian akademik dan sesuai dengan standar ISO dan BAN-PT sehingga perlu dilakukan identifikasi requirement dan perancangan sistem manajemen mutu yang sesuai dengan persyaratan Klausul 7 ISO 9001:2008 dan Standar 5 BAN-PT.
Dalam melakukan identifikasi dan perancangan sistem manajemen mutu STISI Telkom bidang akademik, diperlukan data eksisting STISI Telkom antara lain : proses bisnis bidang akademik, struktur organisasi, Klausul 7 ISO 9001:2008, Guidelines IWA-2:2007 dan Standar 5 BAN-PT. Setelah data-data tersebut diperoleh, dilakukan identifikasi requirement yang sesuai dengan Klausul 7 ISO 9001:2008 (IWA-2:207) dan Standar 5 BAN-PT. Hasil identifikasi requirement selanjutnya dilakukan identifikasi proses bisnis yang dipersyaratkan oleh kedua standar kemudian dibedakan antara proses bisnis yang sudah ada dan yang belum ada pada STISI Telkom. Proses bisnis eksisting hasil identifikasi inilah yang akan dilakukan diperbaiki menggunakan metode BPI. Perbaikan dimulai dari pemilihan proses bisnis kritis menggunakan pendekatan weighted selection approach. Setelah diperoleh proses bisnis kritis, selanjutnya dilakukan analisis aktivitas dan analisis streamlining untuk masing-masing aktivitas sehingga didapatkan proses bisnis yang efektif dan efisien.
Hasil penelitian ini adalah dokumentasi rancangan proses bisnis kritis yang telah diperbaiki dan daftar proses bisnis dan persyaratan lainnya STISI Telkom bidang akademik yang sesuai dengan Klausul 7 ISO 9001:2008 dan Standar 5 BAN-PT. Hasil rancangan proses bisnis yang didokumentasikan adalah Proses Bisnis Persiapan Perkuliahan, Proses Bisnis Registrasi, Proses Bisnis Ujian Reguler, Proses Bisnis Perwalian dan Proses Bisnis Pelaksanaan Sidang Tugas Akhir 2. Hasil rancangan proses bisnis, daftar proses bisnis dan persyaratan lainnya diharapkan dapat memperbaiki sistem penjaminan mutu STISI Telkom khusunya bidang akademik.


Kata Kunci : Sistem Penjaminan Mutu Perguruan Tinggi, Business Process Improvement, ISO 9001:2008

Subjek

QUALITY MANAGEMENT
 

Katalog

Identifikasi Proses Bisnis dan Persyaratan Lainnya Bidang Akademik STISI Telkom Berdasarkan Requirement Klausul 7 ISO 9001:2008 (IWA-2:2007) dan Standar 5 BAN-PT Menggunakan Metode Business Process Imoprovement
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Rini Handriyani
Perorangan
Sri Widaningrum, Ir., MT; Pratya Poeri Suryadhini, ST., MT
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini