PENINGKATAN KUALITAS PRODUK BROWNIES KUKUS 3 FLAVA MENGGUNAKAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT DI AMANDA BROWNIES

Faridh Tri Prasetyo

Informasi Dasar

112090019
658.56
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Persaingan dalam bisnis kuliner semakin ketat seiring meningkatnya angka pengeluaran yang dialokasikan wisatawan nusantara dan wisatawan mancanegara untuk kuliner di Indonesia. Amanda Brownies merupakan salah satu perusahaan kuliner di Indonesia yang memproduksi brownies, cake dan pastry. Untuk memenangkan persaingan dalam bisnis kuliner, Amanda Brownies harus melakukan inovasi produk yang berkualitas. Brownies Kukus 3 Flava merupakan produk inovasi Amanda Brownies untuk memasuki segmen anak muda. Saat ini, Amanda Brownies belum mampu memberikan kualitas terbaik dari Brownies Kukus 3 Flava karena masih ditemukan berbagai macam keluhan pelanggan. Oleh karena itu, Amanda Brownies melakukan peningkatan kualitas produk Brownies Kukus 3 Flava sebagai keunggulan kompetitif perusahaan.

Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan rekomendasi peningkatan kualitas produk Brownies Kukus 3 Flava sesuai dengan true customer needs untuk meningkatkan kepuasan pelanggan. Penelitian ini menggunakan Quality Function Deployment (QFD). Metode ini merupakan salah satu teknik yang digunakan untuk menerjemahkan kebutuhan pelanggan ke dalam karakteristik produk serta mempertimbangan kemampuan perusahaan dalam mewujudkan kebutuhan tersebut. Tahap pertama yaitu mengidentifikasi true customer needs. Proses ini telah dilakukan pada penelitian sebelumnya yang berjudul “Analisis Kebutuhan Produk Brownies Kukus 3 Flava Menggunakan Integrasi Product Quality dan Model Kano di Amanda Brownies”. Dari penelitian tersebut didapat 15 true customer needs. Penurunan true customer needs menjadi karakteristik teknis dilakukan pada QFD iterasi 1 kemudian terpilih 8 karakteristik teknis berdasarkan ranking dan target pencapaian yang kemudian akan dilanjutkan pada QFD iterasi 2.

Perumusan rekomendasi disusun berdasarkan hasil pengolahan data, analisis, brainstorming dengan perusahaan serta melakukan benchmark yang relevan dari perusahaan pesaing dengan tujuan untuk mengembangkan kualitas produk Brownies Kukus 3 Flava. Rekomendasi yang diberikan antara lain penggunaan jenis bahan perisa core jam rasa green tea, penggunaan jenis bahan perisa core jam rasa lemon, penggunaan jenis bahan perisa core jam rasa strawberry, menggunakan bahan pewarna Tatrazine dan Methanil untuk Brownies Kukus 3 Flava rasa lemon, menggunakan bahan pewarna Amaranth untuk Brownies Kukus 3 Flava rasa strawberry, peningkatan faktor standar proses penggunaan perisa, peningkatan faktor standar proses penggunaan pewarna, perumusan metode analisis market research untuk meramalkan ketersediaan produk brownies di masing-masing outlet Amanda Brownies, perumusan poin evaluasi pada feedback pelanggan untuk perbaikan penulisan pada kemasan, penentuan media pengumpulan feedback pelanggan, penentuan jenis media promosi, penetapan waktu penayangan media promosi dan penetapan intensitas penayangan media promosi. Seluruh rekomendasi yang diusulkan telah diverifikasi oleh pihak perusahaan dan dinyatakan dapat direalisasikan. QFD, Quality Function Deployment, Brownies Kukus 3 Flava

Subjek

Product control - failures - accidents.
 

Katalog

PENINGKATAN KUALITAS PRODUK BROWNIES KUKUS 3 FLAVA MENGGUNAKAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT DI AMANDA BROWNIES
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Faridh Tri Prasetyo
Perorangan
Yati Rohayati
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini