Evaluasi Kinerja Knowledge Management Berdasarkan Perspektif Human Capital dan Structural Capital Menggunakan Metode Knowledge Management Balanced Scorecard di PT Pertamina (Persero)

Elsa Hutami Faza

Informasi Dasar

112081078
650
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

PT Pertamina menerapkan strategi baru bernama KOMET (Knowledge management Pertamina) untuk melestarikan aset perusahaan berupa knowledge, keterampilan, dan pengalaman operasional yang dimiliki individual para pimpinan dan karyawannya. Setelah melakukan proses assessment terhadap implementasi knowledge management berdasarkan kriteria Most Admired Knowledge Enterprise, hasilnya menunjukkan bahwa kriteria intellectual capital memiliki nilai favorable terkecil. Intellectual capital dibagi menjadi beberapa kategori yaitu human capital, structural capital, dan customer capital.

PT Pertamina (Persero) perlu mengukur kinerja knowledge management perusahaannya dengan metode knowledge management balanced scorecard dengan pendekatan perspektif human capital karena perspektif tersebut fokus terhadap people dan structural capital yang fokus dengan modal non-human, seperti infrastruktur dan pedoman yang sesuai dengan program transformasi dan dapat memengaruhi perspektif lainnya. Proses selanjutnya adalah pembobotan menggunakan metode Analyctical Hierarchy Process (AHP) untuk mendapatkan prioritas dari indikator keberhasilan. Kemudian proses terakhir yaitu evaluasi kinerja knowledge management ditinjau dari perspektif human capital dan structural capital.

Pengukuran kinerja knowledge management PT Pertamina (Persero) dari perspektif human capital dan structural capital menghasilkan 42 indikator keberhasilan yang berpengaruh terhadap kinerja knowledge management perusahaan. Berdasarkan pembobotan menggunakan AHP didapatkan bobot dimensi tertinggi perspektif human capital adalah attitude and motivation (40,78%). Nilai kinerja knowledge management berdasarkan perspektif human capital PT Pertamina (Persero) secara keseluruhan yaitu 3,5277 dengan kriteria penilaian Baik. Sedangkan dari perspektif structural capital didapatkan bobot dimensi tertinggi adalah atmosphere (32,58%). Nilai kinerja knowledge management berdasarkan perspektif structural capital PT Pertamina (Persero) secara keseluruhan yaitu 4,3463 dengan kriteria Sangat Baik.

Penelitian ini memberikan rekomendasi kepada PT Pertamina (Persero) berupa sosialiasi unggah aset knowledge web portal, stimulisasi dan peningkatan ragam serta fasilitas aktivitas forum, klasifikasi tim, dan pembentukan sistem pendorong dengan pemberian poin untuk setiap aktivitas pembelajaran yang dilakukan karyawan. Manajemen Pengetahuan, Human Capital, Structural Capital, Knowledge management Balanced Scorecard.

Subjek

MANAGEMENT
MANAGEMENT, Skripsi,

Katalog

Evaluasi Kinerja Knowledge Management Berdasarkan Perspektif Human Capital dan Structural Capital Menggunakan Metode Knowledge Management Balanced Scorecard di PT Pertamina (Persero)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Elsa Hutami Faza
Perorangan
Amelia Kurniawati, ST.,MT; Devi Pratami,ST.
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2012

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini