USULAN PENGURANGAN WASTE PADA LINI PRODUKSI RIB PYLON OUTBOARD PROGRAM A320 DENGAN MENGGUNAKAN METODE LEAN MANUFACTURING DI PT DIRGANTARA INDONESIA

RISKA RIZQIWATI

Informasi Dasar

112081076
011.75
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

PT Dirgantara Indonesia merupakan perusahaan subkontraktor part pesawat yang produksinya berdasarkan pesanan pelanggan (make to order). Salah satu part yang dihasilkan oleh perusahaan ini adalah rib pylon outboard. Dalam kegiatan produksinya, part rib pylon outboard seringkali terlambat dalam pemenuhan target produksi yang telah ditetapkan.Selain itu, pada lini produksi ini hampir 98 % merupakan kegiatan non value added.

Lean manufacturing merupakan metode untuk meminimasi waste dengan membuat kerangka kerja yang memfokuskan pada value, mereduksi pemborosan, serta memenuhi kebutuhan pelanggan. Langkah pertama yang dilakukan adalah memberikan gambaran jelas mengenai proses produksi part rib pylon outboard menggunakan Value Stream Mapping (current state) dan detail mapping Process Activity Mapping (PAM) sehingga diketahui pemborosan yang terjadi di sepanjang aliran nilai. Langkah selanjutnya adalah identifikasi waste berdasarkan 7 jenis waste.

Dari hasil penelitian, diperoleh bahwa waste yang terdapat pada lini produksi rib pylon outboard adalah overproduction, waiting, transportation, unnecessary inventory dan defect. Usulan perbaikan untuk mengurangi pemborosan yang terjadi adalah dengan mengusahakan aliran kontinu, meminimasi penumpukan work in process antar workstation dengan melakukan perhitungan kanban, usulan penambahan alat transportasi antar workstation berupa trolley, menambah shift agar kapasitas workstation dapat memenuhi waktu kebutuhan kerja seharusnya dan usulan analisis 5s untuk meningkatkan efisiensi kerja dari operator. dengan menghasilkan penurunan lead time sebesar 952.697detik atau sekitar 80%. Lean Manufacturing, 7 Waste, Value Strean Mapping, Process Activity Mapping.

Subjek

Skripsi
 

Katalog

USULAN PENGURANGAN WASTE PADA LINI PRODUKSI RIB PYLON OUTBOARD PROGRAM A320 DENGAN MENGGUNAKAN METODE LEAN MANUFACTURING DI PT DIRGANTARA INDONESIA
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RISKA RIZQIWATI
Perorangan
Dr. Ir. Dida D. Damayanti, MEngsc; Judi Alhilman, Drs.,MSIE
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2012

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini